Selasa, 01 Desember 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Bea Cukai Khusus Kepri Genjot Ekspor Komoditas Perikanan di Natuna
Sabtu, 21-11-2020 - 14:25:00 WIB | Dibaca: 1176
Foto: Medialaskar/Humas Kanwil DJBC Khusus Kepri
TERKAIT:
 
  • Bea Cukai Khusus Kepri Genjot Ekspor Komoditas Perikanan di Natuna
  •  

    Karimun, Medialaskar.com – Dalam upaya menggenjot ekspor komoditas hasil perikanan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Bea Cukai setempat melakukan audiensi bersama pemerintah daerah dan pengusaha yang ada di wilayah Kabupaten Natuna, Kamis (19/11/2020) lalu.

    Hal ini disampaikan Kakanwil DJBC Khusus Kepri melalui Kepala KPPBC TMP B Tanjung Pinang, Muhammad Syahirul Alim, bahwa komoditas perikanan merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi ekspor terbesar.

    "Komoditas perikanan yang ada di Natuna begitu melimpah. Hal ini semestinya harus kita syukuri dan berupaya keras untuk dapat memberi nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau,” sebut Syahirul Alim yang disampaikan Bagian Humas kepada Redaksi Medialaskar.com, Sabtu (21/11/2020) .

    Dikatakan Syahirul Alim, di masa pandemi ini ada sedikit penurunan ekspor, khususnya di bidang eksport ikan.

    “Dalam dua bulan terakhir ini ada penurunan ekspor ikan, namun penurunan ini semestinya kita lawan dengan terus meningkatkan produksi perikanan tangkap yang berorientasi ekspor sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” papar Syahirul Alim.

    Pemkab Natuna, katanya, menyatakan bahwa produk perikanan wilayah Natuna dapat ditingkatkan dengan sinergi yang lebih antara setiap pemangku kepentingan. Di samping itu juga perlunya aset atau alat produksi yang lebih baik daripada kebanyakan yang dimiliki nelayan tradisional pada saat ini, yaitu kapal dengan ukuran 5GT.

    "Juga perlunya sosialisasi kepada masyarakat terkait keuntungan yang dapat diperoleh masyarakat dengan berusaha atau menjadi anak buah di kapal yang lebih besar,” imbuhnya.

    Pada acara yang sama, Kepala Seksi Pabean dan Cukai Kanwil DJBC Khusus Kepri, Pudji Seswanto menawarkan adanya konsep Pusat Logistik Berikat (PLB) Apung di Natuna.

    "Kita mendorong agar nantinya akan ada PLB Apung di Natuna, sehingga suplai bahan baku seperti es, BBM, serta kebutuhan logistik dapat terjaga sehingga hal tersebut dapat mendukung operasi perikanan agar lebih optimal,” ungkap Pudji.

    Dikatakanya, Bea Cukai Kepri telah membentuk Tim Task Force Percepatan PEN yang didedikasikan untuk terus melakukan upaya mempermudah dan memfasilitasi para pelaku usaha untuk melakukan ekspor.

    “Pihak Bea Cukai akan memberikan dukungan penuh kepada pelaku usaha ekspor terkait prosedur ekspor, pengurangan biaya produksi dan logistik (supply chain bahan baku, pertumbuhan tenaga kerja, dan efesiensi cost logistic), pengembangan produk (diversifikasi produk) dan pemanfaatan fasilitas kepabeanan, sehingga ekspor komoditas perikanan yang kita dimiliki dapat lebih memiliki daya saing di pasar internasional,” pungkas Pudji.

    **red/sunar



     
    Berita Lainnya :
  • Bea Cukai Khusus Kepri Genjot Ekspor Komoditas Perikanan di Natuna
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    03 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    04 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    05 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    06 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    07 Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved