Rabu, 17 Juli 2019
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Perda RDTR dan Peraturan Zonasi Kecamatan Penting untuk Penataan Kota
Kamis, 11-07-2019 - 13:20:00 WIB | Dibaca: 672
Foto: Medialaskar/Alias
TERKAIT:
 
  • Perda RDTR dan Peraturan Zonasi Kecamatan Penting untuk Penataan Kota
  •  

    Tanjungpinang, Medialaskar.com - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Tanjungpinang menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi Kecamatan Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang Timur dan Bukit Bestari Tahun 2018-2038.

    Sosialisasi yang turut dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma tersebut berlangsung di Aula Sultan Badrul Alamsyah Lantai 3 Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Rabu (10/7/2019) kemarin.

    Plt. Kepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang Ruli Friady menjelaskan, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang bahwa, setiap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota harus menetapkan bagian dari wilayah kota yang perlu disusun RDTR-nya.

    Proses penyusunan RDTR dan Peraturan Zonasi dimulai sejak 2015, dan dalam proses penyusunannya sudah melibatkan secara resmi seluruh anggota DPRD, seluruh anggota Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Kota Tanjungpinang, Instansi terkait, pengusaha dan masyarakat.

    “Proses penyusunan RDTR dan Zonasi sudah melalui beberapa tahapan, mulai dari penyusunan materi teknis, Raperda, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Naskah Akademik Raperda RDTR, konsultasi publik, evaluasi Raperda, pembahasan di tingkat Provinsi hingga ditetapkan Ranperda menjadi Perda RDTR Desember 2018 lalu," jelasnya.

    Kegiatan sosialisasi yang berlangsung sehari ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai muatan Rencana Detail Tata Ruang dan peraturan Zonasi sebagai dasar dalam pemberian izin," tambah dia.

    Sementara Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan meskipun sosialisasi secara resmi baru dilaksanakan pada hari ini. “Namun sesungguhnya perda ini sudah berlaku sejak tanggal 28 Desember 2018 lalu dan tidak berlaku surut dan untuk beberapa OPD teknis baik di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang maupun pada instansi vertikal seperti BPN Kota Tanjungpinang, dokumen RDTR telah disampaikan secara resmi baik dalam bentuk sofcopy maupun hardcopy," terang Wawako.

    Sejak berlakunya Perda ini, sambungnya, maka dalam hal perizinan pemanfaatan ruang di Kota Tanjungpinang harus mengacu pada ketentuan yang termuat dalam Perda RDTR dan peraturan zonasi ini baik yang termuat dalam batang tubuh maupun pada lampiran-lampirannya.

    Sosialisasi diikuti 100 orang peserta, berasal dari perwakilan Provinsi Kepri, instansi Hankam, DPRD Kota Tanjungpinang, BUMN, asosiasi pengusaha, asosiasi profesi, Perguruan Tinggi serta tokoh masyarakat.

    Peserta akan diberi materi oleh narasumber dari Kementerian ATR, Jossi Erwindy ST, MT, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, Benny Iskandar ST, MT, Kasubid Perencanaan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bappeda Kota Bogor, Naufal Isnaeni, S. Si, M.T, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Surjadi.

    **red/alias



     
    Berita Lainnya :
  • Perda RDTR dan Peraturan Zonasi Kecamatan Penting untuk Penataan Kota
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    03 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
    06 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Aparat Terkait Tutup Mata?
    07 Rokok Berbagai Merek Tanpa Label Resmi Beredar di Kota Tanjungpinang
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved