Sabtu, 23 Oktober 2021
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Diskominfo Sumbar Gandeng Posyandu Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Sijunjung
Rabu, 31-03-2021 - 11:55:00 WIB | Dibaca: 9408
Foto: Medialaskar/Diskominfo Sumbar
TERKAIT:
 
  • Diskominfo Sumbar Gandeng Posyandu Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Sijunjung
  •  

    Sumbar, Medialaskar.com - Posyandu bukan hanya tempat untuk imunisasi atau menimbang bayi, melainkan juga sebagai pusat informasi dan panduan bagi ibu dan bayi, terutama dalam upaya pencegahan stunting.

    Guna mendukung upaya peningkatan peran Posyandu dalam pencegahan angka prevelansi stunting yang cukup tinggi, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan sosialisasi dan diseminasi informasi bertemakan "Menuju Sumatera Barat Zero Stunting" bertempat di Sarana Kegiatan Belajar Kabupaten Sijunjung, Rabu (31/3/2021).

    Acara ini juga dihadiri Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, LKAAM Sumbar dan diikuti oleh kader-kader penyuluh posyandu serta komunitas informasi masyarakat se-Kabupaten Sijunjung.

    Kepala Diskominfo Kabupaten Sijunjung menyampaikan, bahwa peningkatan kesehatan masyarakat dan pencegahan stunting merupakan salah satu misi utama Pemkab Sijunjung saat ini.

    Stunting adalah kekurangan gizi yang dialami bayi pada 1.000 hari pertama sehingga pertumbuhan tinggi badan bayi lebih rendah dari anak seusianya, disamping itu bayi juga akan mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan kecerdasan.

    "Kondisi ini disebabkan oleh faktor multidimensi sehingga perlu penanganan multisektor sesuai perannya masing-masing," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, Drg. Ezwandra, M.Sc.

    Ezwandra mendorong Posyandu untuk lebih aktif dalam mengintervensi dan menjadi agen penyebar informasi terkait pencegahan stunting. Mata rantai stunting dapat diputus mulai dari mempersiapkan orang tua secara fisik dan mental sebelum kehamilan, memastikan orang tua mengunjungi Posyandu, dan memiliki pengetahuan serta kesiapan yang cukup.

    Disamping itu, Posyandu juga perlu melakukan peningkatan kerjasama dengan berbagai sektor mengingat peran pentingnya dalam memaksimalkan program penurunan prevalansi stunting ini.

    Saat ini prevalansi stunting di Provinsi Sumbar masih berada pada angka 36,2 persen lebih tinggi dari prevalansi stunting nasional yaitu 27,7 persen.

    Sementara itu, untuk mengejar target WHO, pemerintah menargetkan prevalansi stunting turun menjadi 14 persen pada tahun 2024. Hal ini merupakan tugas yang cukup berat untuk dicapai terutama di tengah-tengah kondisi Covid sekarang ini.

    "Menuju Sumbar zero stunting memang adalah tugas yang berat, karena selain gizi, ini juga menyangkut pola asuh, dan gaya hidup baik calon ibu maupun bayi. Maka dari itu Diskominfo memaksimalkan diseminasi informasi dengan memanfaatkan berbagai media termasuk memanfaatkan Komunitas Informasi Masyarakat untuk menyebarkan informasi melalui cerita rakyat, Kegiatan kebudayaan dan tradisi, serta media-media tradisional," terang Kepala Dinas Kominfo Sijunjung.

    Sementara itu, Sekeretaris LKAAM Sumbar, Dr. Sampono Batuah juga menyampaikan dukungan dan perlunya penyesuaian gaya hidup dan budaya masyarakat agar dapat mendukung program Pemda dalam pencegahan stunting demi generasi penerus ke depan.

    "Orang tua zaman sekarang sibuk bekerja, meski dilakukan demi anak, tetapi terkadang lupa peran utamanya yaitu pengasuhan dan perhatian terhadap gizi anak," katanya.

    Sebelum penutupan acara, peserta mendiskusikan strategi dalam mengimbau agar ibu dan bayi kembali datang ke Posyandu secara berkala untuk mengatasi keluhan kader akan rendahnya tingkat kunjungan ke Posyandu saat ini.

    **red/oyong/rls



     
    Berita Lainnya :
  • Diskominfo Sumbar Gandeng Posyandu Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Sijunjung
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Borneo Water Park Kampar; Objek Wisata Air dengan Aneka Fantasi
    03 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    04 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    05 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    06 Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
    07 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved