Jum'at, 14 08 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Pesisir Selatan, Sumbar Miliki Destinasi Wisata Bendungan Timbulun Taratak
Minggu, 14-01-2018 - 16:02:57 WIB | Dibaca: 22760
foto: int

TERKAIT:
 
 

Pessel | Medialaskar.com – Meskipun baru dikenal masyarakat, keberadaan Bendungan Taratak di Kenagarian Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mampu menghadirkan sejuta panorama yang menyatu dengan keasrian alamnya.

Bendungan tersebut dibangun, sebagai sumber air saluran irigasi di Kenagarian Taratak. Tapi, karena pesona yang dimilikinya, bendungan ini tidak henti-henti dikunjungi sejumlah masyarakat, sejak selesai dibangun pada pertengahan 2016 lalu.

Berada di lokasi strategis di puncak bukit dan dikelilingi ladang masyarakat serta hamparan sawah yang terlihat menghijau, lokasi bendungan ini berjarak sekitar 2 kilometer dengan 15 menit perjalanan dari jalan lintas Sumatera Bagian Barat, tepatnya di Simpang Tiga Puskemas Pembatu Taratak.

Kapasitas bendungan ini sendiri memiliki daya tampung sekitar 45 ribu kubik air dan digunakan untuk mengairi lahan sawah masyarakat di tiga kenagarian sekaligus.

Seorang anggota LPMN (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari) Taratak, Dodianto mengakui, sejak pembangunannya selesai, keberadaan bendungan ini langsung menjadi primadona masyarakat. Bendungan itu tanpa sengaja telah menghadirkan sejuta panorama, seperti airnya yang sejuk dan bening.

"Saat ini, hampir setiap waktu dikunjungi, bahkan berbagai kalangan masyarakat mandi-mandi, berfoto-foto dan juga sekedar menikmati suasana alam,” kata Dodianto, Sabtu (13/1/2018) kemarin.

Menurutnya, meski belum dikelola sebagai tempat wisata, jika terus terawat dan terjaga bangunannya, lokasi itu akan bisa dijadikan sebagai pusat agrowisata. "Kami sangat berharap dengan bendungan ini tetap terus terjaga. Sehingga, keberadaannya sebagai sumber saluran pertanian tetap ada dan bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi,” katanya.

**red/kel/pps




 
Berita Lainnya :
  • Pesisir Selatan, Sumbar Miliki Destinasi Wisata Bendungan Timbulun Taratak
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    03 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    06 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    07 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved