Kamis, 13 08 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Potensi Pengembangan Bawang Merah di Pessel Capai 2.500 Hektare
Kamis, 11-01-2018 - 23:46:24 WIB | Dibaca: 22878
foto: pemkab pessel

TERKAIT:
 
 

Pessel | Medialaskar.com - Walau potensi pengembangan tanaman sayuran jenis bawang merah mencapai 2.500 hektare di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), namun dengan belum berkembangnya tanaman itu membuat daerah itu masih membutuhkan pasokan dari luar daerah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distahorbun) Pessel, Jumsu Trisno Kamis (11/1/2018) mengatakan, daerah itu memiliki potensi besar pengembangan tanaman sayur jenis bawang merah.

"Potensinya pengembanganya mencapai 2.500 hektare yang tersebar di 15 kecamatan yang ada. Karena potensi seluas itu belum tergarap, sehingga hingga saat ini masyarakat Pessel masih membutuhkan pasolan dari luar daerah. Berdasarkan pendataan yang dilakukan petugas, diperkirakan kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap bawang merah di daerah ini sekitar 18.750 ton dalam satu tahun," katanya.

Karena tingginya tingkat kebutuhan masyarakat, serta juga sangat menjanjikan secara ekonomi, sehingga pihaknya terus mendorong para petani untuk terus melakukan peningkatan budidaya setiap tahunya.

"Karena tingginya kebutuhan, serta juga menjanjikan secara ekonomi, sehingga masyarakat petani terus didorong untuk melakukan pengembangan tanaman bawang merah dan budidaya," katanya.

Dijelaskanya bahwa saat ini produktivitas lahan sudah mencapai 18 ton per hektare. Bahkan pada lahan-lahan tertentu bisa mencapai 24 ton per hektare

"Jenis bibit yang dikembangkan berasal dari bawang dataran rendah Brebes. Dengan produksi rata-rata 18 ton per hektare, maka dengan harga jual Rp 14 ribu di tingkat petani sebagai mana saat ini, petani telah bisa mendapatkan uang Rp 252 juta. Setelah dikurangi modal Rp 75 juta, maka keuntungan yang didapat mencapai 177 juta. Itu hanya dalam masa 60 hari hari, mulai dari menyemai hingga panen," ungkapnya.

**red/kel/pemkab pessel




 
Berita Lainnya :
  • Potensi Pengembangan Bawang Merah di Pessel Capai 2.500 Hektare
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    03 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    06 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    07 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved