Rabu, 15 Juli 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
KPU Ungkap Bahwa Empat Tahapan Pilkada Berpotensi Penularan Corona
Senin, 29-06-2020 - 09:48:14 WIB | Dibaca: 856
TERKAIT:
 
  • KPU Ungkap Bahwa Empat Tahapan Pilkada Berpotensi Penularan Corona
  •  

    Jakarta, Medialaskar.com- Pihak komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mengungkapkan bahwasa ada empat tahapan dalam pelaksanaannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020, yang berpotensi terjadinya penularan virus corona (Covid-19).

    Diketahui, Pilkada Serentak 2020 bakal digelar di 270 daerah pada Desember mendatang. "Sebetulnya ada empat tahapan krusial yang kemudian kita ikhtiar untuk meminimalisir paparan Covid-19, karena kegiatan tersebut memang sangat berpotensi menularkan atau kemudian terpapar," kata dia dalam sebuah diskusi virtual.

    Tahapan pertama, kata dia, adalah proses verifikasi dukungan calon perseorangan. Tahapan ini berlangsung mulai 22 Juni hingga 23 Agustus. Sebab sambungnya, nanti juga akan umumkan berapa banyak yang tidak memenuhi syarat, berapa banyak yang memenuhi syarat kemudian bisa dipenuhi lagi, dan lain sebagainya.

    Tahapan kedua ialah pemutakhiran data pemilih. Ia mengatakan, saat sekarang pihaknya baru akan mulai pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih PPDP Pemilu. "Tentu saja ini menjadi tahapan yang krusial ketika kita melakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian), karena ini door to door," ucap dia, dilansir cnnindonesia.com.

    Lalu, tahapan ketiga, adalah proses kampanye. Saat ini, pihaknya sudah menyiapkan peraturan KPU tentang penyelenggaraan tahapan pilkada 2020 di masa Covid-19. Salah satu yang diatur dalam peraturan KPU itu adalah terkait pelaksanaan kampanye di ruangan dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol Covid-19 yang ketat.

    "Kami akan segera undangkan karena sekarang baru beberapa kali sudah bertemu Kementerian Hukum dan HAM dalam hal harmonisasi," katanya. Yang terakhir, sebutnya adalah tahapan untuk pemungutan dan penghitungan suara. Tahapan ini menjadi krusial karena akan mendatangkan banyak orang. Maka itu, empat tahap krusial ini akan diatur dan juga sosialisasikan.

    **red/rul



     
    Berita Lainnya :
  • KPU Ungkap Bahwa Empat Tahapan Pilkada Berpotensi Penularan Corona
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    03 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    06 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    07 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved