Rabu, 18 09 2019
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Hujan Deras, Air Terjun Lembah Anai Meluap dan Waspada
Kamis, 06-06-2019 - 18:45:25 WIB | Dibaca: 3166
Air Terjun Lembah Anai
TERKAIT:
 
  • Hujan Deras, Air Terjun Lembah Anai Meluap dan Waspada
  •  

    Sumbar, Medialaskar.com -Intensitas hujan yang tinggi ini menyebabkan debit Air Terjun Lembah Anai meningkat dan meluap. Akibat itu, menyebabkan alus lalulintas kendaraan jadi terganggu.

    Hujan deras sejak Rabu (5/6/19) dan Kamis (6/6/19) hari raya pertama dan kedua. Maka menyebabkan debit air Terjun Lembah Anai di jalan lintas Bukittinggi-Padang membesar, meluap. Tapi, belum sampai menutup badan jalan. Namun pengendara ini sangat berhati-hati melintas di sini, jangan sampai terjebak air bah.

    Hujan deras mengguyur kawasan air terjun Lembah Anai di hari pertama dan kedua Idul Fitri 1440 H, pukul 13.20 hingga pukul 17.00 WIB. Debit air terjun Lembah Anai hulunya di kaki gunung Tandikek meluap dan warna air memerah, sementara pengendara berhati-hati melintas di kawasan obyek wisata itu.

    Pantauan wartawan Detak Indonesia, Kamis siang (6/6/19) pukul 15.33 WIB, hujan masih turun di kawasan jadi primadona kunjungan pemudik disetiap hari raya Idul Fitri tersebut. Lalu lintas akan kendaraan mulai padat dari Bukittinggi-Padang dan sebaliknya.

    Kendati hujan deras di Lembah Anai, kolam renang anak-anak di sekitaran Lembah Anai ini airnya tetap jernih karena bersumber dari mata air bebukitan di sekitarnya. Cuma air terjun Lembah Anai dan sungai kecil atau batang air di sekitarnya yang meluap dan memerah airnya karena hujan

    Sejak Rabu hari raya pertama (5/6/19) hujan sudah mengguyur sebagian wilayah daerah perbatasan Riau dengan Sumbar, terutama di jalan lintas barat mulai dari PLTA Kotopanjang Kampar Riau masuk ke perbatasan Sumbar di Tanjungbalit-Pangkalan-Payakumbuh dan Bukittinggi.

    Menurut warga di Lembah Anai, debit air terjun Lembah Anai melimpah sekarang karena hujan lebat turun Rabu dan Kamis itu mungkin tidak sampai menutup badan jalan Bukittinggi-Padang. Andaikan tak ada kayu balak yang hanyut menutup gorong-gorong (box culvert) di depan air terjun itu.

    Tapi kalau sempat hanyut kayu besar dari atas air terjun itu dan menyumbat gorong-gorongnya, maka air akan melimpah dan menutup japan sehingga kendaraan tak bisa lewat. Tapi kondisi sekarang ini mudah-mudahan debit air yang besar lancar mengalirnya dan tak melimpah menutup jalan.

    Arus mudik kendaraan dari Pekanbaru ke Sumbar nampak memadat pada Rabu sore (5/6/19) di daerah kawasan perbatasan Payakumbuh-Bukittinggi, dan sesekali macet padat merayap.

    **red/rul



     
    Berita Lainnya :
  • Hujan Deras, Air Terjun Lembah Anai Meluap dan Waspada
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    03 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    06 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
    07 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Aparat Terkait Tutup Mata?
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved