Rabu, 15 Juli 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
UPT Puskesmas Tebing Tinggi Barat Gelar Sosialisasi Layanan Kesehatan di Desa Tanjung
Rabu, 16-01-2019 - 15:05:00 WIB | Dibaca: 13383
Foto: Medialaskar/Selamat SM
TERKAIT:
 
  • UPT Puskesmas Tebing Tinggi Barat Gelar Sosialisasi Layanan Kesehatan di Desa Tanjung
  •  

    Meranti, Medialaskar.com – Dalam rangka mewujudkan kesehatan di tengah masyarakat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) diikuti berbagai elemen masyarakat, Rabu (16/1/2019) bertempat di Aula Kantor Desa Tanjung.

    Musyawarah yang dipimpin Pj. Kepala Desa Tanjung, Mazlin Jamal, SKM ini juga dihadiri beberapa elemen masyarakat lainnya dan unsur pemerintahan yang ada di wilayah ini, seperti Bhabinkamtibmas Desa Tanjung, Suharyadi, perwakilan dari Polsek Tebing Tinggi Barat dan beberapa tokoh masyarakat.

    Dalam acara kali ini, ada beberapa agenda yang dilaksanakan, yaitu penyampaian sosialisasi tentang kesehatan dan berbagai hal yang berkaitan dengan ketertiban dan keamanan masyarakat, penyuluhan bahaya narkoba, bahaya penggunaan telepon seluler dan sosialisasi penggunaan perangkat IT yang baik juga benar.

    Bhabinkamtibmas Desa Tanjung, Suharyadi dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat yang hadir termasuk kader kesehatan, agar juga tidak dengan mudah memberikan handphone apalagi jenis android kepada anak-anaknya terutama yang masih di bawah umur. “Berilah buk pak HP yang hanya untuk menerima panggilan atau yang bisa untuk sms aja,” imbau Suharyadi.

    Sementara untuk sosialisasi kesehatan kepada masyarakat, UPT Puskesmas Kecamatan Tebing Tinggi Barat mengutus petugasnya yakni bidan desa, Ika Candra dan Epi. Sedangkan yang tampil sebagai narasumber adalah Bidan Muji Rahayu.

    Dalam menyampaikan materi sosialisasi, Bidan Muji membahas berbagai masalah kesehatan dan menyampaikan secara detail tentang guna dan manfaat Jamkesmas, Jamkesda, Kartu Sehat dan BPJS.

    “Jangan sampai ada masyarakat yang belum terdata untuk mendapatkan jaminan kesehatan, karena data terakhir harus masuk paling lambat 21 Januari.2019 mendatang,” terang Bidan Muji.

    Sedangkan Kartu Kesehatan dengan istilah Jamkesda, mulai 1 Januari 2019, tambah Bidan Muji, sudah tidak berlaku lagi dan berganti menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau kartu BPJS dengan syarat harus melaporkan KK kepada bidan desa, Ika Candra.

    Bagi yang sudah mendapatkan Kartu KIS atau BPJS, Bidan Muji menjelaskan, jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan akan selalu dilayani sesuai dengan aturan dan perosudur yang berlaku.

    “Bagi yang memiliki Kartu Jamkesda atau warga yang telah meninggal, harap mengembalikan kartunya kepada petugas atau pemerintah desa, agar data tidak menumpuk dan bisa digunakan oleh orang lain,” katanya.

    Bidan Muji menyebutkan, ada beberapa poin bidang kesehatan yang belum terwujud secara maksimal di Desa Tanjung, yakni diantaranya tentang bayi sehat, ibu melahirkan, cara-cara menyusukan anak,  makanan tambahan bagi bayi dan ibu sehat setelah melahirkan.

    Dalam acara yang berlangsung lancar dan sukses ini, Bidan Muji juga membuka sesi Tanya jawab kepada masyarakat terkait Jamkesda, kesehatan dan hal-hal yang berkenaan dengan kesehatan.

    **red/selamat sm



     
    Berita Lainnya :
  • UPT Puskesmas Tebing Tinggi Barat Gelar Sosialisasi Layanan Kesehatan di Desa Tanjung
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    03 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    06 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    07 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved