Selasa, 18 Februari 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Antisipasi Virus Corona, Kadiskes Riau Pantau Pelabuhan di Bengkalis
Jumat, 14-02-2020 - 12:11:12 WIB | Dibaca: 688

TERKAIT:
 
  • Antisipasi Virus Corona, Kadiskes Riau Pantau Pelabuhan di Bengkalis
  •  

    Bengkalis,Medialaskar.com- Kadiskes Riau meninjau pelabuhan di Bengkalis untuk memastikan kesiapsiagaan dari stakeholder bisa mengantisipasi virus corona. Karena virus inipun membuat resah.

    "Selaku pihak Kadiskes Riau apresiasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan stakeholder didalam hal kesiapsiagaan antisipasi penyebaran virus Corona ini ke Riau, khususnya di Bengkalis," sebut Mimi Yuliarti.

    Apresiasi tersebut disampaikan, ketika meninjau langsung sejumlah titik pintu masuk (pelabuhan) daerah Kabupaten Bengkalis, Kamis (14/2/20). Dikatakan dia, tegakkan soliditas dukungan lintas sektor mendukung kesiapsiagaan dan antisipasi ini.

    Dalam kunjungan tersebut, Kadiskes Riau didampingi Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Diskes Riau, dr Lia. Sedangkan dari Bengkalis didampingi Kepala Bidang Penceghan dan Pengendalian Penyakit, Alwizar, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan H Ediyanto, Wakil Direktur Pelayanan Medik, Hj Rita Puspa SKM MP dan Kepala Bidang Pelayanan dr Haris dan beserta jajaran.

    Adapun titik-titik yang dikunjungi adalah Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja Selatbaru, UPT Puskesmas Selatbaru Kecamatan Bantan dan RSUD Bengkalis.

    Di Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja Selatbaru, Kadiskes Riau dan rombongan mendengarkan penjelasan tentang upaya-upaya pencegahan masuknya virus Corona dari Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Alwizar, didampingi Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Kerja Bengkalis, Wahyu Rahmi.

    Di Pelabuhan Sri Setia Raja, screening dilakukan petugas KKP diback up tenaga medis dan paramedis dari UPT Puskesmas Selatbaru serta lintas sektor seperti Dinas Perhubungan dan KSOP.

    Ada empat instrumen pemeriksaan terhadap penumpang dan ABK kapal dari Malaysia. Yaitu pemindaian suhu tubuh, indikasi infeksi tenggorokan, indikasi infeksi paru-paru, dan indikasi demam tinggi melalui pemeriksaan pupil mata.

    Jika terpenuhi keempat indikasi tersebut, maka dilakukan observasi secara lebih mendalam di UPT. Puskesmas Selatbaru, baru nanti diputuskan apakah dilanjutkan evakuasi ke RSUD Bengkalis atau tidak.

    Saat di UPT Puskesmas Selatbaru Kecamatan Bantan, Kadiskes dan rombongan meninjau kesiapan petugas medis dan paramedis, peralatan medis, ruangan khusus, dan Alat Pelindung Diri (APD) petugas dalam melaksanakan observasi lanjutan seandainya ada suspect penderita Corona yang dikirim dari pelabuhan dan pada kesempatan tersebut.

    Selanjutnya, rombongan bergerak menuju RSUD Bengkalis, meninjau ruangan isolasi dan melihat kesiapan petugas termasuk simulasi penggunaan APD secara cepat dan tepat.

    Dalam pertemuan di RSUD, muncul usulan agar ada peningkatan status RSUD Bengkalis menjadi rumah sakit rujukan Penyakit Infeksi Emerging (PIE). Terkait dengan hal tersebut, Kadiskes Riau sangat mendukungnya dan berjanji akan melakukan evaluasi dan kajian.

    ”Karena daerah kita adalah perbatasan Negara dan ada pelabuhan internasional sebagai pintu masuk negara. Juga Akreditas RSUD kita kategori Purnama. Jadi tinggal menambah sedikit lagi fasilitas saja," kata Mimi.

    **red/rul/son



     
    Berita Lainnya :
  • Antisipasi Virus Corona, Kadiskes Riau Pantau Pelabuhan di Bengkalis
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    03 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    04 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    05 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    06 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
    07 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Aparat Terkait Tutup Mata?
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved