Kamis, 13 08 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Bawaslu Gelar Rakor dan Konsolidasi, Netralitas dan Politik Uang Jadi Pengawasan Utama
Kamis, 09-01-2020 - 13:35:00 WIB | Dibaca: 4592
Foto: Medialaskar/Diskominfotik
TERKAIT:
 
  • Bawaslu Gelar Rakor dan Konsolidasi, Netralitas dan Politik Uang Jadi Pengawasan Utama
  •  

    Bengkalis, Medialaskar.com – Sehubungan dengan bakal dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis menggelar Rapat Koordinasi dan Konsolidasi bersama Stakeholder terkait Pengawasan Pendaftaran Bakal Calon Perseorangan serta Pemetaan Terhadap Daerah Rawan Pelanggaran Tahapan Pilkada, Kamis (9/1/2020).

    Rapat yang digelar di aula pertemuan Sekretariat Bawaslu, Jalan Antara, Bengkalis ini dihadiri Sekretaris Daerah Bengkalis, H Bustami HY, Kepala Kejari, Nanik Kushartanti, Kapolres Bengkalis diwakili Kasi Intel, AKP Yanuardi, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Kasi Ops, Kapten Muhdoyo S, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKKP), Djamaluddin, Kepala Kesbangpol Bengkalis, Hermanto, Sekretaris Diskominfotik, H Adisutrisno, Ketua KPU Bengkalis, Fadhilah Al Mausuly dan tamu undangan lainnya.

    “Melalui rapat ini kita dapat memetakan persoalan yang kemungkinan terjadi, sekaligus mencari solusi secara bersama-sama agar konflik atau pelanggaran Pilkada dapat diminimalisir,” ujar Ketua Bawaslu Bengkalis, Mukhlasin.

    Menurutnya, ada beberapa persoalan yang menjadi perhatian serius Bawaslu dan penegah hukum dalam menghadapi situasi Pemilihan Umum, seperti tindakan politik uang dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

    “Hal ini menjadi perhatian dan pengawasan utama kita agar tidak terjadinya politik uang atau money politic serta tidak netralnya ASN, Kepala Desa dan perangkatnya dalam Pilkada,” kata Mukhlasin.

    Dengan adanya rapat koordinasi dan konsolidasi ini, diharapkan semua pihak dapat mendukung dan bersama-sama mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar tidak menerima praktik politik uang. Dan kepada pemerintah daerah agar dapat memberikan informasi kepada ASN untuk senantiasa netral, begitupun Kepala Desa dan perangkatnya.

    Sementara itu, Sekda Bengkalis, H Bustami HY mengungkapkan, bahwa selaku orang yang didahulukan selangkah di kalangan ASN Kabupaten Bengkalis, dirinya mengaku senantiasa terus memberikan himbauan dan peringatan kepada ASN di setiap kesempatan.

    “Kita juga tidak menginginkan ASN di Kabupaten Bengkalis tidak berlaku netral, apa lagi terlibat langsung dalam mendukung salah seorang calon. Tentunya bagi ASN yang melanggar akan ditindak secara hukum,” ucapnya.

    Apalagi jika terlibat menjadi oknum yang membantu dalam praktik politik uang atau menerima dari salah seorang calon. Tentunya hal ini akan berdampak buruk bagi ASN itu sendiri.

    “Dalam waktu dekat juga, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan melakukan penandatanganan fakta integritas untuk bersikap netral pada Pilkada 2020 ini. Ini sebagai upaya kita memberikan sosialisasi kepada ASN baik pegawai maupun non pegawai untuk bersikap netral,” tutupnya.

    Pada rapat kali itu, juga dibahas tentang isu-isu kerawanan konflik yang kemungkinan ada, dengan harapan sebelum itu semua terjadi, pihak-pihak terkait dapat mencegah supaya proses Pildaka dapat berjalan aman, damai, berkualitas dan bermartabat.

    **red/diskominfotik



     
    Berita Lainnya :
  • Bawaslu Gelar Rakor dan Konsolidasi, Netralitas dan Politik Uang Jadi Pengawasan Utama
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    03 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    06 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    07 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved