Selasa, 19 Maret 2019
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Wujudkan Kota Bersih dan Nyaman, Satgas Sampah DLH Bengkalis Terus Patroli di Tiga Ibukota Kecamatan
Rabu, 13-03-2019 - 20:15:00 WIB | Dibaca: 280
Foto: Medialaskar/Diskominfotik
TERKAIT:
 
  • Wujudkan Kota Bersih dan Nyaman, Satgas Sampah DLH Bengkalis Terus Patroli di Tiga Ibukota Kecamatan
  •  

    Bengkalis, Medialaskar.com – Dalam upaya mewujudkan kota bersih dan nyaman, Satuan Tugas (Satgas) Sampah yang dibentuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis terus berpatroli di tiga ibukota kecamatan.

    “Ketiga ibukota kecamatan yang menjadi pemantauan dan patroli, Satgas Sampah berjumlah 33 orang ini, yakni Bengkalis, Mandau dan Pinggir. Secara rinci jumlah Satgas Sampah, untuk Duri Kecamatan Mandau sebanyak 20 orang, Pinggir 5 orang dan Bengkalis 8 orang,” ungkap Kepala DLH Kabupaten Bengkalis, Arman AA, Rabu (13/3/2019).

    Cara kerja Satgas Sampah dalam menjalankan tugas dibagi secara bergiliran (shif). Mereka bergerak keliling kota dan ada juga yang standby di kawasan strategis. Khusus untuk Kota Duri, Kecamatan Mandau, patroli dilakukan sampai malam, mengingat Kota Duri, luas dan jumlah penduduknya banyak sehingga butuh pengawasan.

    Jika di lapangan, jika ada warga membuang sampah dari balik jendela mobil, maka nomor plat kendaraan (mobil) langsung dicatat, bahkan dikejar untuk diberitahu atau diingatkan.

    “Untuk tahap awal kita melakukan pendekatan persuasif. Sifatnya teguran, agar masyarat mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan,” ungkap Arman.

    Selain berpatroli di jalan-jalan strategis, Satgas Sampah ini akan berpatroli di pasar, pertokoan dan perumahan warga.

    Untuk lebih memperkenalkan keberadaan Satgas Sampah ini, pihak DLH terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kepala desa serta stakeholder. Hal ini agar keberadaan Satgas Sampah tidak menimbulkan kesalahpahaman warga di lapangan.

    Seperti diketahui, untuk mewujudkan lingkungan bersih di Kota Duri, Kecamatan Mandau, pada tahun 2019 pihak DLH Kabupaten Bengkalis menyiapkan tong sampah sebanyak 100 unit. Langkah ini untuk mengurangi sampah di Duri.

    Menurut Arman, salah satu cara untuk mengurangi sampah, selain menyiapkan sarana prasarana pendukung, membangkitkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan. Misalnya dengan cara menabung sampah di Bank Sampah yang ada di Kecamatan Mandau.

    Sejauh ini, kata Arman di ibu kota Bengkalis, kebiasaan menabung Bank Sampah sudah berjalan. Terlebih bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup DLH, setiap hari Selasa dianjurkan membawa sampah ke kantor untuk disetorkan ke Bank Sampah.

    Untuk itu, Kepala DLH menyarankan kepada masyarakat untuk membiasakan menabung sampah di Bank Sampah. Karena dengan menabung sampah, selain akan mengurangi sampah, juga akan menambah pundi-pundi ekonomi.

    "Kalau di Surabaya, warga naik bus membayar dengan uang sampah. Kita harapkan di tempat kita, warga mau menabung sampah, untuk bayar listrik dan lainnya," ungkapnya.

    **red/diskominfotik



     
    Berita Lainnya :
  • Wujudkan Kota Bersih dan Nyaman, Satgas Sampah DLH Bengkalis Terus Patroli di Tiga Ibukota Kecamatan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    03 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
    06 Rokok Berbagai Merek Tanpa Label Resmi Beredar di Kota Tanjungpinang
    07 Tanpa Pengawasan, Puluhan Kardus Rokok Diduga Ilegal Dibongkar di Jalan Coastal Area
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved