Senin, 30 November 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
ADVERTORIAL PEMKAB BENGKALIS
Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
Rabu, 06-06-2018 - 10:31:00 WIB | Dibaca: 166091
Karang Taruna
TERKAIT:
 
  • Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
  •  

    Bengkalis, Medialaskar.com - Generasi muda adalah sebagai aset bangsa yang memiliki salah satu wadah pembinaan yaitu karan taruna, karang taruna sebagai non pendidikan yang tumbuh atas dasar kesadaran pribadi dan tanggung jawab sosial.

    Dari hasil wawancara Medialaskar.com dengan Kepala Seksi (KASI) Pemberdayaan Masyarakat dan Penertiban Izin Pengumpulan Sumbangan Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Yuniar Wiratnaningrum, Aks 28/5/2018 di Bengkalis mengatakan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di tingkat kelurahan atau desa yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial pemuda yang berkualitas melalui organisasi karang taruna, pemuda dapat mengembangkan dan memberdayakan seluruh potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA).


    Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Penertiban Izin
    Pengumpulan Sumbangan, Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Yuniar
    Wiratnaningrum

    Hal ini dimaksudkan dalam upaya mengembangkan usaha ekonomi produktif dan membantu pemerintah dalam penangan masalah-masalah kesejahteraan sosial. Pemuda yang berkualitas adalah pemuda yang memiliki kemampuan dalam mengenai organisasi.

    Dijelaskannya lagi, untuk mencetak pemuda yang madani dan kreatif mampu memberikan manfaat kepada masyarakat melalui peranan nya menjadi pilar-pilar kesejahteraan sosial, menjadi mitra kerja pemerintah atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial yang tinggi untuk mewujudkan pemuda yang berkualitas dalam pengembangan potensi harus mempunyai program-program yang jelas sesuai dengan kebutuhan dan persoalan yang ada di sekitarnya.

    Banyak hal yang bisa di lakukan oleh karang taruna untuk mengembangkan hal-hal besar dimulai dari hal yang terkecil dahulu, ada beberapa program yang bisa di lakukan oleh pemuda melalui karang taruna secara kongkrit di bidang usaha ekonomi produktif (UEP) adalah salah satu cara untuk mengurangi jumlah pengangguran.

    Dan memberi kesempatan kerja seluas-luasnya kepada tenaga muda, sebagai tenaga positif melalui kegiatan usaha ekonomi produktif seperti bengkel motor, budidaya jamur, pembuatan paving, block, ternak kambing, ternak ayam, pemeliharaan budidaya ikan melalui kelompok tani dll.

    Selanutnya dalam rangka menjadi mitra kerja pemerintah, dan pemuda di hrapkan mampu menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang berkompeten terhadap permasalahan sosial pemuda dan masyarakat, namun pada intinya pemuda berkualitas pemuda yang dapat menjalankan peranan dan fungsinya sebagai potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS).

    Dijelaskannya lagi, oleh sebab itu pemerintah kabupaten terus meningkatkan kualitas karang taruna di setiap desa atau pun kelurahan supaya dapat tercipta pemuda yang berkualitas, dan program ini memang harus berjalan di desa atau di kelurahan.

    Oleh sebab itu pemerintah desa pun ikut mendukung seperti membantu dana untuk kegiatan karang taruna terkadang karang taruna di desa atau di kelurahan hanya sibuk saja tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

    Sebenarnya banyaak hal yang harus dibuat bukan hanya olahraga namun banyak yang lain supaya mereka lebih berkualitas lagi, dalam hal apa saja maka mereka harus lebih  meningkatkan mutunya.

    “Kita dari dinas sosial kabupaten terus memantau dan melakukan pembinaan supaya mereka pemuda yang produktik yang bisa menciptakan peluang tenaga kerja bukan pemuda pencari erja tapi mereka mencipta kan pekerjaan dan bisa membawa pemuda yang lain dalam hal yang positif,” katanya.

    Itulah sebenarnya, tambahnya, tujuan dari karang taruna tersebut dan ini setiap tahun pemerintah sudah memberikan pelatihan–pelitihan agar karang taruna ini lebih eksis lagi di tengah–tengah masyarakat dan kalau bisa menjadi mitra pemerintah.

    “Kenapa saya bisa katakan menjadi mitra pemerintah, karena mereke mempunyai kegiatan dalam bermacam program mereka, nah tentunya kita akan mendukung apabila mereka mempunyai program yang jelas serta pemerintah desa atau kelurahanpun mendukungnya tapi yang jelas bukan program abal-abal ya. tapi sekarang ini kelihatannya sudah berjalan dengan baik hampir di setiap desa atau kelurahan,” paparnya.

    Namun, tambahnya, ada juga yang berjalan dengan pelan-pelan, harap maklum juga karena di desa-desa atau kelurahan pemuda berbeda karekternya mau pun sumber daya (SDM) nya tidak semudah yang dibayangkan. Oleh sebab itu, kreatifitas dan kinerja karang taruna semestinya mendapat sambutan yang positif dari pemerintah dan masyarakat lainnya.

    “Oleh karena itu kita terus bekerjasama dengan pihak pemerintah desa dalam hal ini supaya cepat tercipta,kita juga menghimbau juga jadi lah pemuda yang kreatif dan motifasi lewat karang taruna ini sehingga pemuda-pemuda kabupaten Bengkalis khususnya tidak menjadi pemalas tapi lebih kreatif dan berkualitas,” ujarnya.


    Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dari Fraksi Demokrat, Dr. Moris

    Di tempat terpisah anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Dr. Moris dari Fraksi Demokrat mengatakan kepada Medialaskar.com (28/05/2018) di Bengkalis bahwa pada dasarnya karang taruna itu adalah sebuah organisasi yang terdiri dari pemuda-pemuda di tingkat kelurahan atau desa.

    “Nah apabila terus dibimbing oleh pemerintah tentu ini akan menghasilkan sebuah pemuda yang berpotensi dan berkualitas dalam bentuk untuk meningkatkan ekonomi, namun perlu pembinaan secara terus menerus dan harus digalakkan pembinaannya,” ujar Moris.

    Dipaparkannya lagi, dari lembaga pihaknya akan mendukung program pemerintah ini namun harus berguna untuk kalangan pemuda-pemuda khususnya di Kabupaten Bengkalis ini.

    “Banyak hal yang dapat dilakukan karang taruna ini melalui kelompok tani seperti ternak ayam dan sebagainya, apabila pemuda sudah bisa membuat peluang kerja tentu mengurangi pengangguran yang ada,” jelasnya.

    Di tempat terpisah Medialaskar.com menjumpai tokoh masyarakat, Joko Susilo 26/05/2018 mengutarakan dalam hal untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas tentu tidak terlepas dari peran pemerintah untuk membimbing pemuda seperti pelatihan-pelatihan sehingga pemuda dapat menciptakan lapangan kerja sebagai contoh pemuda membuka sebuah bengkel motor.

    Dan ini perlu juga dibimbing sehingga dapat berguna untuk pemuda namun kalau hanya program saja itu barang mustahil akan tercipta, pemuda yang berkualitas tentunya perlu dukungan dari semua pihak dan bimbingan dari dinas terkait.

    “Dan ini juga tidak terlepas daripada suntikan dana ataupun diberi semacam barang-barang saja apabila mau membuka bengkel,” katanya.

    Dijelaskannya lagi, selama ini karang taruna sebenarnya sudah berjalan namun belum optimal lagi. “Tidak kita pungkiri juga program karang taruna ada yang jalan hanya saja sebagian saja yang belum tentu, ini perlu kegigihan karang tarunanya juga dalam hal supaya cepat berkembang dan kekompakan para pemuda itu juga karena yang dalam karang taruna ini kebanyakan pemuda semua apa bila mereka kompak tentu cepat program mereka berjalan,” bebernya.

    Apabila sudah berjalan, katanya, ini sangat bagus untuk di desa tersebut kenapa dikatakan bagus karena banyak hal yang akan mereke ciptakan tidak hanya bidang olahraga saja tapi bidang lain juga sehingga setiap desa atau kelurahan akan berlomba-lomba dalam membangun desa mereka lewat karang taruna ini dan akan menjadi mitra pemerintah nantinya baik pemerintah desa ataupun pemerintah kabupaten.

    “Tinggal saja bagaimana kita bisa menciptakannya, oleh sebab itu saya yakin apa bila ini cepat tercipta tentu pesat juga peluang tenaga kerja mereka, dalam arti mereka bisa menciptakan peluang kerja bukan mereka pencari kerja, kita yakin semua mendukung terciptanya karang taruna ini,” tutupnya.

    **red/abdul hamid/advertorial



     
    Berita Lainnya :
  • Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    03 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    04 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    05 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    06 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    07 Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved