Minggu, 28 November 2021
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Pemkab Inhu Tolak Perpanjangan HGU PTPN V, Ini Alasannya...
Rabu, 21-08-2019 - 14:34:00 WIB | Dibaca: 23116

TERKAIT:
 
  • Pemkab Inhu Tolak Perpanjangan HGU PTPN V, Ini Alasannya...
  •  

    Inhu, Medialaskar.com - Enggannya PTPN V melepas lahan HGU (inclave-red) untuk jadi Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) masyarakat. Ini, membuat Pemkab Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau menolak perpanjangan HGU perusahaan plat merah tersebut.

    Empat HGU perusahaan perkebunan kelapa sawit dan CPO ini sudah dikuasai sejak tahun 1989 dengan luas 15.304,99 hektar dan berlokasi di Air Molek, Kecamatan Seilala dan Kecamatan Lubukbatu Jaya Kabupaten Inhu. HGU di Kecamatan Lubuk Batu Jaya nomor 09 di Desa Sungai Lala seluas 8.544,10 hektar, HGU nomor 11 di Desa Kelawat seluas 468,60 hektar, HGU nomor 12 di Desa Sungai Perut seluas 2.755,51 dan HGU nomor 10 di Desa Rimpian seluas 8.644,10 hektar

    "Pimpinan daerah ini (Bupati Inhu, red) ada melarang menandatangani serta mengikuti rapat permohonan perpanjangan HGU PTPN V," ungkap Kabag Pertanahan Sekretariat Pemkab Inhu, Raja Fachrurazi,  Rabu (21/8/19), di Rengat. Katanya, sikap tegas diambil Bupati Inhu Yopi Arianto ini karena PTPN V, lalai menjalankan kewajibannya.

    Pemerintah yang selaku anggota Tim B pada konteks perpanjangan HGU serra penerbitan HGU enggan merespon untuk perpanjangan di PTPN V Kebun Airmolek. Ini dikarenakan banyak kewajiban-kewajibannya yang tidak terpenuhi. Antara lain itu inclave HGU untuk Fasum, Fasos. Bahkan, PTPN V juga enggan menginclave eks HGU yang sudah dikuasai masyarakat Desa Kelawat, untuk dijadikan pemukiman seluas 116 hektar.

    Mengacu pada dokumen sertifikat kolektif HGU PTPN V yang diterbitkan Kantor Pertanahan Kabupaten Inhu tahun 1989, maka HGU PTPN V yang dengan komoditi perkebunan karet tersebut sudah habis terhitung 1 Juni 2019. "Masa berlaku ke empat HGU itu selama 30 tahun saat ini sudah berakhir, tapi sekarang PTPN V masih beraktifitas, dan untuk status selanjutnya silahkan konfirmasi ke BPN Inhu," saran Fachrurazi.

    Sebelumnya yang diketahui, Asisten Umum (Asum) PTPN V Kebun Airmolek H Mahmud mengatakan pada prinsipnya seluruh Kepala Desa sudah menyetujui perpanjangan HGU PTPN 5PTPN V. Yang belum lakukan, tanda tangan inventarisir itu tinggal dua Kepala Desa. Hal inipun karena belum ketemu mereka.

    **red/rul



     
    Berita Lainnya :
  • Pemkab Inhu Tolak Perpanjangan HGU PTPN V, Ini Alasannya...
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Borneo Water Park Kampar; Objek Wisata Air dengan Aneka Fantasi
    03 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    04 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    05 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    06 Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
    07 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved