Jum'at, 05 Juni 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Pilgubri 2018
Cagubri Drs. H. Syamsuar, M.Si Kunjungi Istana Sayap Pelalawan
Selasa, 17-04-2018 - 16:36:43 WIB | Dibaca: 18088
Calon Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si dikalungi bunga saat berkunjung ke Istana Sayap Pelalawan, Senin (16/4/2018) kemarin. (Foto: Medialaskar/tim)
TERKAIT:
 
  • Cagubri Drs. H. Syamsuar, M.Si Kunjungi Istana Sayap Pelalawan
  •  

    Pelalawan, Medialaskar.com - Calon Gubernur Riau Nomor Urut 1, Syamsuar dalam kampanyenya di Kabupaten Pelalawan menyempatkan diri untuk mengunjungi Istana Sayap peninggalan Tengku Sontol Said Ali, Sultan Pelalawan ke 29.

    Istana yang memiliki keterkaitan dengan Istana Siak ini pernah dipimpin oleh Sultan Syarif Hasyim II (1892-1930 M) menggantikan Tengku Sontol Said Ali yang mangkat bergelar Marhum Mangkat di Balai.

    Kedatangan Calon Gubernur Riau yang juga Bupati Siak Non Aktif ini disambut tari persembahan oleh anak-anak di lingkungan Kerajaan Pelalawan itu. Dalam bangunan replika Istana yang megah itu, Syamsuar juga melihat dokumentasi peninggalan kerajaan Istana Sayap.

    Syamsuar bahkan terlihat lama berdiri di depan foto mahkota kerajaan Pelalawan dan foto Sultan Syarif Hasyim II yang merupakan ayah dari Sultan Syarif Qasim yang merupakan Sultan Kerajaan Siak. "Tidak jauh beda dengan kerajaan Siak," gumamnya ketika melihat foto mahkota Sultan, Senin (16/4/2018) kemarin.

    Menurut Syamsuar, Istana Sayap merupakan salah satu peninggalan kerajaan Pelalawan yang harus dijaga dengan baik karena sejarah Pelalawan ini dimulai dari tepian Sungai Kampar yang kini menjadi Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Ini juga menjadi salah satu destiansi wisata yang sangat banyak pengunjungnya.

    Namun infrastruktur jalan menuju Istana Sayap ini ada yang harus diperbaiki, termasuk pekarangan, halaman dan parkiran kendaraan yang sebagian besar masih tanah.

    "Ini perlu dipoles sedikit lagi, istana sayap juga perlu diisi lagi dengan barang-barang peninggalan kerajaan yang masih ada. Agar pengunjung puas datang ke sini," sebut Syamsuar sembari mendengarkan penjelasan Tengku Zulmizan, putra asli Pelalawan.

    Filosofi Istana Sayap dahulu, setiap bangunan dirancang secara cermat, disempurnakan dengan berbagai simbol dan makna, agar memberikan kenyamanan, kesejahteraan dan manfaat yang besar bagi penghuni dan pemiliknya.

    Acuan ini menyebabkan pembangunan Istana Sayap dirancang dengan berbagai pertimbangan, sehingga berwujudlah tiga bangunan.

    Bangunan pertama adalah Bangunan Induk, sedangkan bangunan kedua dan ketiga yang terletak di samping kanan dan kiri bangunan induk dinamakan bangunan “Sayap Kanan” dan “Sayap Kiri”.

    Di dalam budaya Melayu Riau, khasnya di kerajaan Pelalawan, setiap bangunan resmi terdiri dari bangunan Induk dan bangunan lainnya, yang lazim disebut “bangunan anak” atau “Bangunan Sayap”.

    Bila letaknya kearah belakang atau kemuka, dan menyatu dengan bangunan Induk, lazimnya disebut bangunan Anak, (selanjutnya disebut pula Selasar depan, selasar Belakang, Selasar Dalam, Selasar Luar, Selasar Jatuh, Gajah Menyusur dan sebagainya).

    Bila bangunan itu berada agak terpisah dan terletak simetris sebelah kanan dan kiri bangunan Induk, disebut “Sayap”. Lazimnya, bangunan Sayap hanya terdapat pada Istana Raja.

    Di Istana Sayap, bangunan Induk adalah tempat Sultan beserta keluarga dan orang-orang yang bertugas di sana. Di bangunan ini pula terdapat ruang Penghadapan (ruang Peterakna), bilik tidur, dan ruangan anjungan yang diisi dengan segala alat dan kelengkapan kerajaan.

    Menyatu dengan bangunan Induk, di sebelah depan terdapat ruang Selasar Dalam dan Selasar Luar untuk tempat menghadap rakyat dan Orang-orang Besar Kerajaan.

    Di bagian belakang bangunan Induk ada ruangan Telo, dan di belakangnya lagi adalah ruangan Penanggah, tempat kegiatan pekerja rumah tangga Istana dan kelengkapan jamuan dan sebagainya.

    **red/donny



     
    Berita Lainnya :
  • Cagubri Drs. H. Syamsuar, M.Si Kunjungi Istana Sayap Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    03 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    04 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    05 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    06 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
    07 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Aparat Terkait Tutup Mata?
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved