Sabtu, 24 Oktober 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
GALERI FOTO PEMKAB SIAK
Staf Ahli Bupati Siak Buka MTQ ke-XVII Kecamatan Minas
Jumat, 30-03-2018 - 17:52:22 WIB | Dibaca: 33317
Penyerahan Piala Bergilir dari Camat Minas kepada Penghulu Minas Barat (foto: Medialaskar.com/Donni)
TERKAIT:
 
  • Staf Ahli Bupati Siak Buka MTQ ke-XVII Kecamatan Minas
  •  

    Minas, Medialaskar.com – Plt Bupati Siak Drs. H. Alfedri M.Si diwakili Staf Ahli Bupati Siak H. Zulfikri. S.Sos, MM, Kamis (29/3/2018) pukul 21.00 WIB malam tadi, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XVII di Kecamatan Minas di halaman Museum Suku Sakai Kampung Minas Barat.

    Sebelumnya direncanakan yang hadir untuk mewakili Plt Bupati Siak adalah Asisten III Drs. Jamaluddin, M.Si, namun karena suatu halangan, akhirnya digantikan oleh Staf Ahli Bupati Siak H. Zulfikri, S.Sos. MM.


    Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik H. Zulfikri, S.Sos. MM, menyampaikan kata sambutan

    Sebelum pembukaan MTQ digelar, siang harinya masyarakat Kecamatan Minas yang terdiri dari 4 kampung dan 1 kelurahan, mengikuti pawai taaruf yang juga diikuti Camat Minas H. Hendra Adi Nugraha didampingi seluruh Upika, tokoh agama tokoh adat dan utusan Kafilah se-Kecamatan Minas.

    Turut hadir dalam acara malam pembukaan MTQ ke XVII Kecamatan Minas diantaranya, Camat Minas, KUA Minas, Upika pemuka agama, tokoh masyarakat, penghulu, Kapolsek beserta Babinsa Minas dan disaksikan oleh ribuan masyarakat.

    Penghulu Kampung Minas Barat, Ayang Bahari selaku tuan rumah MTQ dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf apabila ada pelayanan yang kurang baik. "Disini kami selaku tuan rumah dan juga panitia dalam pelaksanaan MTQ Tingkat kecamatan Minas di kampung Minas Barat mengucapkan ribuan terimakasih atas kedatangan seluruh peserta MTQ se-kecamatan Minas dan selaku tuan rumah, apabila ada yang kurang berkenan atau ada yang kurang tepat dengan pelayanan kami maka kami selaku tuan rumah mohon dimaafkan," ujar Ayang Bahari selaku penghulu kampung Minas Barat.


    Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik H. Zulfikri, S.Sos. MM dan Camat Minas berjalan bersama menuju tempat acara

    Sementara itu, Camat Minas, H. Hendra Adi Nugraha dalam sambutannya mengharapkan, dengan dilaksanakan MTQ XVII Kecamatan Minas ini dapat melahirkan qari-qariah untuk mengharumkan Kabupaten Siak, khususnya Kecamatan Minas.

    “Tahun ini Desa Minas Barat mendapat giliran sebagai tuan rrumah pelaksanaan MTQ, oleh karenanya semua ini kita desain berciri khas rumah adat suku Sakai dengan perpaduan Istana Siak dan masjid Agung Annur Pekanbaru. Sebab suku Sakai ini adalah bagian dari kerajaan Siak dan hingga kini masih berada di area Kabupaten Siak,” terang Camat Hendra.

    H. Hendra juga mengucapkan terima kasih kepada Staf Ahli Bupati Siak yang berkenan hadir membuka pelaksanaan MTQ ke-XVII diKecamatan Minas.

    "Kami berterimakasih atas kehadiran Bapak H. Zulfikri yang mewakili Bapak Plt. Bupati Siak. Harapan kami, mudah-mudahan pada MTQ tahun ini lahir qori dan qariah terbaik dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga berharap agar tahun ini kecamatan Minas bisa masuk ke 5 besar MTQ se-Kabupaten Siak," jelas Camat Hendra.


    Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik H. Zulfikri, S.Sos. MM menerima sekapur sirih

    H. Hendra juga mengharapkan, MTQ pada tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan qori dan qoriah yang tangguh dan mampu bersaing pada MTQ Kabupaten, MTQ propinsi dan nasional.

    Sementara itu, Staf Ahli Bupati Siak Bidang Hukum dan Politik, H. Zulfikri, S.Sos. MM dalam sambutannya menekankan agar selalu menyampaikan, karena kalau ada yang menyampaikan yang salah wajib dibenarkan. Karena panitia salah menyebutkan gelar pendidikannya, H. Zulfikri mengkoreksi bahwa title yang disandangnya bukanlah M.Si melainkan MM.

    “Karena nanti malu dengan para almamater. Sekarang jamannya sudah tidak tahu lagi mana yang salah dan yang benar lu-lu, gue-gue. Jadi tidak gunanya MTQ dilaksanakan setiap tahun kalau kita mengingkari Al-quran. Padahal Al-Quran adalah salah satu yang benar, kalau yang lain bisa dirubah-rubah,” kata Staf Ahli.

    “Kalau kita menyakini kalau Al- Quran itu benar, katakan lah itu benar dan katakanlah yang salah itu salah, jadi kita harus tahu isi Al-Quran, dengan itu kita tahu mana yang benar dan mana yang salah, jadi kalau kita melihat muda-mudi bergandengan tangan apakah itu benar atau salah,” katanya tegas.


    Camat Minas, Hendra Adi Nugroho, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan
    Politik H. Zulfikri, S.Sos. MM, Kepala Kesra Kabupaten Siak, Pemangku
    Adat Sakai Minas duduk bersama dalam pembukaan MTQ Kecamatan Minas

    H. Zulfikri, S.Sos, MM mengharapkan agar MTQ ke XVII tahun 2018 Kecamatan Minas, dapat dijadikan sebagai ajang pencari bibit qori dan qoriah yang bagus dan berprestasi tinggi sebagai persiapan pada MTQ Kabupaten Siak nantinya.

    “Dengan diadakannya MTQ setiap tahunnya kita juga berharap lahirnya Hafiz Hafizah Quran sebab kabupaten Siak memiliki target menciptakan 1.000 Hafiz Hafizah hingga kurun waktu beberapa tahun kedepan,” tambahnya.

    H. Zulfikri menginginkan kepada para qori dan qoriah agar setelah MTQ ini selesai, agar terus berlatih dan memperdalam ilmu Alquran, disamping itu diharapkan dengan digelarnya MTQ ini dapat dijadikan motivasi terutama bagi anak-anak agar dapat membiasakan diri membaca Alquran, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi tidak berapa lama lagi memasuki Bulan Suci Ramadhan.

    "Suatu negeri akan aman dan suatu negeri akan terhindar dari musibah apabila umatnya senantisa membaca dan mengamalkan Alquran terlebih mampu menghafalkannya dan memahami makna-maknanya. Pelaksanaan MTQ ini kita harapkan tidak hanya untuk ajang mencari bakat dan ajang mencari qori dan qoriah yang hebat yang bersifat seremonial belaka akan tetapi dapat diterapkan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

    Kemudian Zulfikri juga mengingatkan kepada para dewan juri agar memberikan penilaian sesuai dengan kebolehan dan kemampuan para qori dan qoriah itu sendiri secara arif dan bijaksana.
    MTQ ke-XVII Kecamatan Minas dilaksanakan selama tiga hari (29-31 Maret 2018) dengan cabang yang diperlombakan yakni tilawah, hafiz quran, khattil quran, syahril 1uran, dan Al Barzanji/marhaban.

    **red/Donni


    Kepala Kampung Minas Barat, Ayang Bahari menyampaikan pidato sambutan


    Camat Minas, Hendra Adi Nugroho membacakan nama-nama Dewan Juri MTQ Kecamatan Minas


    Camat Minas, Hendra Adi Nugroho, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan
    Politik H. Zulfikri, S.Sos. MM, Kepala Kesra, Pemangku Adat Sakai Minas
    memukul kompang bersama dalam pembukaan MTQ Kecamatan Minas


    Camat Minas, Hendra Adi Nugroho, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan
    Politik H. Zulfikri, S.Sos. MM, Kepala Kesra Siak, Pemangku Adat Sakai
    Minas berjalan bersama usai pembukaan MTQ Kecamatan Minas



     
    Berita Lainnya :
  • Staf Ahli Bupati Siak Buka MTQ ke-XVII Kecamatan Minas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    03 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    04 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    05 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    06 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    07 Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved