Kamis, 23 Mei 2019
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
ADVERTORIAL PEMKAB ROKAN HILIR
Pemkab Rohil “Poles” Kawasan Pulau Tilan Jadi Objek Wisata Andalan
Senin, 13-05-2019 - 10:15:00 WIB | Dibaca: 672
Foto: Medialaskar/Humas Pemkab Rohil
TERKAIT:
 
  • Pemkab Rohil “Poles” Kawasan Pulau Tilan Jadi Objek Wisata Andalan
  •  

    Rohil, Medialaskar.com - Kabupaten Rokan Hilir mempunyai beberapa pulau yang salah satunya bernama Pulau Tilan. Pulau ini merupakan salah satu objek andalan dalam bidang pariwisata bagi kabupaten yang beribukota Bagan Siapiapi ini, selain wisata Festival Bakar Tongkang dan Pulau Jemur yang telah banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan.

    Pulau Tilan ini bukan berada di tengah lautan, melainkan berada di tengah Sungai Rokan yang berair tenang yang terjaga keasriannya. Pulau Tilan terletak sekitar 21 Km dari Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih ke arah Desa Rantau Bais, Kabupaten Rokan Hilir. Jika dihitung dari simpang Jalan Ujung Tanjung hanya berjarak 12 km menuju simpang Jalan Desa Rantau Bais.

    Dari simpang jalan Desa Rantau Bais, masuk kedalam sampai ke Pulau Tilan hanya berjarak 6 km, sangat dekat dan sangat tepat menjadi tempat wisata andalan.

    Sedangkan sarana jalan aspal, walaupun kecil, jalan tersebut merupakan akses menuju ke dermaga Pulau Tilan. Hal ini sangat memudahkan pengunjung untuk datang ke Pulau Tilan.

    Desa Rantau Bais sangat cocok menjadi desa wisata di Kabupaten Rokan Hilir karena merupakan desa yang tergolong masih alami, asri, belum banyak tersentuh dan dipengaruhi budaya asing.

    Rumah-rumah tua di Rantau Bais memiliki ciri khas arsitektur Melayu dengan ukiran kayu yang tak hilang dan masih terus dipelihara. Di desa ini juga terdapat sebuah masjid yang sudah sangat tua.

    Selain itu, desa dengan potensi wisata alam ini letaknya tidak jauh dari jalan raya lintas Pekanbaru–Medan, Provinsi Sumatera Utara yang juga memiliki budaya adat istiadat masyarakatnya sangat unik dan menarik.



    Menurut cerita orang tua-tua dahulu di daerah ini, bahwa ikan Tilan inilah yang membentuk pulau ini, sehingga pulau ini dinamakan Pulau Tilan yang memiliki luas sekitar 500 hektar dengan kontur tanah hampir rata di semua tempat.

    Di Pulau Tilan, ketika sore hari menjelang matahari terbenam ataupun di waktu malam akan terlihat temaram lampu rumah di tepi sungai bagaikan kunang-kunang berkerlap-kerlip.

    “Bagi wisatawan yang ingin bertamasya di Pulau Tilan ini kami melengkapinya dengan fasilitas dermaga, perahu penyeberangan maupun perahu untuk memancing dan dilengkapi jembatan apung, taman bermain, gazebo, volley pantai serta lapangan golf mini.

    Pulau Tilan terus menggeliat. Pulau Tilan memiliki hutan alam yang asri dan lebat. Hutan ini sangat cocok menjadi lokasi bumi perkemahan maupun tempat penelitian ilmiah.



    Untuk meramaikan dan memeriahkan pada lokasi wisata ini, telah pula dilaksanakan Festival Pulau Tilan yang ke-V pada tahun 2018 beberapa waktu lalu. Festival ini ditaja oleh Masyarakat Desa Rantau Bais dengan membentuk panitia dari masyarakat setempat.

    Mereka bekerja bahu membahu untuk melaksanakan festival yang meriah ini. Festival yang diharapkan dapat mengembangkan potensi desa ini khususnya di bidang Pariwisata. Hal ini tentu saja diharapkan berkembang pula perekonomian masyarakat pulau tilan ini.

    Untuk mewujudkan hal itu, Bupati Rokan Hilir H. Suyatno belum lama ini menegaskan, bahwa pihaknya telah mengagendakan akan membangun jembatan gantung di Pulau Tilan, Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, untuk dijadikan salah satu objek wisata andalan yang ada di daerah itu.

    **red/adv pemkab rokan hilir



     
    Berita Lainnya :
  • Pemkab Rohil “Poles” Kawasan Pulau Tilan Jadi Objek Wisata Andalan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    03 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
    06 Rokok Berbagai Merek Tanpa Label Resmi Beredar di Kota Tanjungpinang
    07 Tanpa Pengawasan, Puluhan Kardus Rokok Diduga Ilegal Dibongkar di Jalan Coastal Area
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved