Minggu, 28 November 2021
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Banyak Tiang Bando Reklame yang Ilegal di Pekanbaru, Bukti Pemko Tidak Tegas
Senin, 19-10-2020 - 14:43:12 WIB | Dibaca: 9307
TERKAIT:
 
  • Banyak Tiang Bando Reklame yang Ilegal di Pekanbaru, Bukti Pemko Tidak Tegas
  •  

    Pekanbaru, Medialaskar.com- Setakat ini, tiang reklame ilegal berbagai jenis masih banyak berdiri di Kota Pekanbaru. Hal itu menjadi bentuk ketidaktegasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

    Demikian disampaikan oleh Pengamat Kebijakan Publik Khairul Amri, kepada wartawan, Senin (19/10/20) menyikapi permasalahan tersebut. Hal itu ungkap dia, tentunya berawal dari pembiaranya atau ada konspirasi antara pengusaha reklame dengan oknum pemerintah.

    "Kalau benar ada tiang bando reklame itu yang ilegal seperti disampaikannya Walikota Pekanbaru. Maka ini terkesan ada pembiaran. Atau ini ada konspirasi diantara pengusaha reklame itu dengan oknum pemerintah," katanya.

    Khairul mengatakan, kenapa baru disaat ini Pemko Pekanbaru menindak dengan meminta instansi terkait memotong dari tiang bando reklame ilegal. Padahalkan, tidak harus menunggu pohon di median jalan ditebang baru ditertibkan reklame ilegal tersebut. Idealnya, sudah dari dulu harusnya ditertibkan.

    "Jika selama ini terkesan dibiarkan, bisa dikatakan tidak tegas. Bukanya, dengqn ada kejadian penebangan pohon. Maka, baru Pemko menertibkan bando disebut ilegal tersebut. Idealnya, sudah dari dulu ditertibkan, karena itu menyalahi aturan. Atau selama ini bando ilegal itu menjadi PAD reklame," katanya.

    Lebih lanjut dijelaskan, kalau perusakan pohon ada di median jalan, dan reklame illegal adalah dua kasus berbeda. Maka, perusakan pohon atau fasilitas umum milik negara itu ranahnya kepolisian, pemerintah kota Pekanbaru cukup membuat laporan ke polisi.

    Sedangkan yang reklame illegal adalah wewenang Pemko Pekanbaru tertibkan. Kalau memang tidak ada izinnya justru Pemko Pekanbaru salah jika selama ini membiarkannya. Artinya, jangan hanya sekedar gertak sambal agar menebang tiang bando ilegal tersebut.

    Diberitakan sebelumnya, Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT geram oleh ulah oknum yang menebang pohon pelindung di median Jalan Tuanku Tambusai pekan lalu. Pohon yang ditebang itu persis di sekitar bando atau papan reklame besar yang mengangkangi jalan.

    "Itu sudah tindakan biadab. Pohon pelindung malah dipotong tanpa ada dasar atau izin siapapun. Saya minta segera dicari pelakunya, dan OPD terkait jangan hanya menunggu instruksi saja. Cari pelakunya segera," tegas Walikota.

    Walikota mengatakan, peristiwa seperti itu juga pernah terjadi sebelumnya di Jalan Jenderal Sudirman. Oknum pemilik tiang reklame lakukan pemotongan pohon di median jalan.

    "Saya masih ingat, beberapa waktu lalu peristiwa serupa pernah terjadi di Jalan Sudirman. Ada pemilik tiang reklame yang memotong pohon pelindung. Mungkin saja ini modusnya sama. Maka saya tegaskan selidiki itu," tegasnya.

    Ia menginstruksikan Satpol PP dan Bapenda Pekanbaru untuk segera memotong tiang ilegal yang ada. Tidak hanya itu, tiang yang berada tidak pada peruntukkannya juga ditertibkan ke tempat yang sudah ditetapkan.

    "Lakukan tugas dengan segera. Jangan melempem soal yang ini, khusus untuk OPD terkait itu. Saya sudah perintah, kenapa nunggu perintah lagi. Yang ilegal potong, jangan sampai ada lagi pohon dipotong karena kepentingan segelintir orang," kata dia.

    **



     
    Berita Lainnya :
  • Banyak Tiang Bando Reklame yang Ilegal di Pekanbaru, Bukti Pemko Tidak Tegas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Borneo Water Park Kampar; Objek Wisata Air dengan Aneka Fantasi
    03 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    04 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    05 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    06 Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
    07 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved