Jum'at, 14 08 2020
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Jadi Data Scientist Dibutuhkan Lima Keterampilan
Kamis, 30-07-2020 - 09:45:00 WIB | Dibaca: 1680
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Jadi Data Scientist Dibutuhkan Lima Keterampilan
  •  

    Batam, Medialaskar.com - Pesatnya perkembangan teknologi memunculkan banyak bidang ilmu dan profesi baru yang menyertainya. Bidang teknologi yang tengah populer saat ini termasuk yang berkaitan dengan data, salah satunya adalah data science. Apa yang dimaksud data science dan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist?

    Di era revolusi industri 4.0 sekarang, istilah “Data is the New Gold” begitu populer, sebab nilai dari sebuah data dipandang sangat berharga, hingga disejajarkan dengan uang atau logam mulia.

    Keberadaan data ini menjadi bernilai, lantaran banyak perusahaan yang melakukan transformasi digital dalam mengembangkan bisnisnya agar dapat tetap bersaing dalam era digital.

    Oleh sebab itu, Institut Teknologi Batam (ITEBA), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang peduli khususnya pada peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM pada Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM), melalui press release yang diterima redaksi Medialaskar.com, Kamis (30/7/2020) mengulas pentingnya data science, dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist. Berikut ulasannya:

    Mengapa data science menjadi penting?

    Aktivitas digital masyarakat dan perusahaan di masa kini, menghasilkan jumlah data yang tersimpan menjadi luar biasa banyak. Inilah yang dimaksud dengan “big data“.

    Maka dari itu, keberadaan data di masa kini harus dibarengi dengan sistem pengelolaan dan pengolahannya. Seonggok data yang mentah dan tidak dikelola dengan baik akan menjadi sia-sia. Namun yang lebih parah, data yang dikelola dengan salah dan jatuh ke tangan orang yang tidak tepat, dapat berpotensi menimbulkan tindakan penipuan atau kriminal lainnya.

    Inilah pentingnya ilmu data science di era big data saat ini. Data science bisa menjawab kebutuhan bisnis dengan mengubah data menjadi analisa dan insight yang akan sangat bermanfaat, untuk pengembangan bisnis ataupun pengambilan keputusan yang berdampak bagi bisnis tersebut.

    Dengan data science, berbagai jenis data baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur dapat dianalisa dengan baik. Data science merupakan gabungan dari inferensi data, pengembangan algoritmik, dan teknologi untuk memecahkan masalah analitik yang kompleks.

    Data science sendiri juga bertujuan menggali atau menganalisa secara prediktif suatu data agar dapat disortir dan ditemukan kesimpulan yang akurat.

    Keterampilan yang harus dikuasai seorang data scientist

    Data science tidak hanya mengandalkan ilmu sains saja. Ada beberapa keterampilan lain yang harus dikuasai untuk memahami bidang ini dan menjadi seorang data scientist.

    1. Memahami machine learning

    Machine learning merupakan software atau perangkat lunak yang penting, karena merupakan hasil dari penggunaan algoritma untuk menggunakan data agar dapat dipelajari dan dihasilkan kesimpulan. Perangkat lunak machine learning terdiri dari analisis statistik dan analisis prediktif, yang digunakan untuk menemukan pola dan menangkap wawasan tersembunyi berdasarkan data yang dirasakan.

    Contoh sederhananya, pada aplikasi Google Translate, Google sebenarnya tidak menerjemahkan kata demi kata. Google memeroleh data dari konferensi internasional, publikasi ilmiah, koleksi perpustakaan, aneka teks, bahkan data yang dimasukkan dari penggunanya.

    Barulah kemudian disandingkan dengan terjemahannya dan disimpan dalam bentuk digital. Tiap frasa dan kalimat dikaitkan dengan terjemahannya, lalu dicari korelasinya.

    Dengan algoritma yang semakin kaya, komputer akan menghasilkan lebih banyak korelasi, dan semakin pintar karena disuplai lebih banyak data setiap harinya. Inilah yang disebut dengan machine learning.

    2. Memiliki pemahaman tentang Phyton, SAS, R, Scala

    Seorang data scientist harus mampu membuat kode untuk solusi cepat prototipe, dan mengintegrasikan dengan sistem data yang kompleks. Bahasa inti yang terkait dengan bidang data science termasuk SQL, Algorithm beserta pemrograman dengan Python, R, Scala, SAS, dan lain-lain.

    Namun tidak hanya mengetahui dasar-dasar bahasa, seorang data scientist juga harus mampu secara kreatif menavigasi jalan untuk membuat kode mereka bekerja dengan baik. Kreativitas dan kecerdikan seorang data scientist ini merupakan salah satu keterampilan penting, karena berkaitan dengan keterampilan penyelesaian masalah secara teknis, untuk membangun dan menemukan solusi terbaik.

    Pada tahap awal yaitu datafication, berbagai data dari aneka sumber harus disiapkan agar bisa dibaca program komputer. Tahap ini membutuhkan keahlian di bidang ilmu komputer, karena menggunakan teknologi untuk memperebutkan set data yang sangat besar, bekerja dengan algoritma yang rumit, dan membutuhkan alat yang lebih canggih daripada Excel.

    3. Memiliki pengalaman langsung dengan pemrograman database SQL

    Seorang data scientist harus berpengalaman dalam mengolah data menggunakan query SQL, agar bisa memahami banyaknya data yang rumit dan menggunakan logika mereka dengan baik. Beberapa ilmu lain yang harus mereka pahami adalah Advanced Database dan Data Warehouses.

    4. Kemampuan bekerja dengan data tidak terstruktur dari banyak sumber seperti video dan media sosial

    Eratnya pekerjaan dalam mengolah data mentah dalam big data, akan ada aliran data dengan volume yang besar dari berbagai sumber, seperti media sosial. Data-data ini kemudian harus diambil, disimpan, dan dianalisis.

    Jika ada data error, maka data scientist harus kembali memutar otak untuk bisa tetap memrosesnya dengan cara-cara yang tidak biasa. Semua data ini nantinya harus disimpan dan diatur dengan cara yang sistematis.

    5. Memahami beberapa fungsi analisis

    Analisis dimaksudkan untuk menggambarkan pemikiran kritis yang bersifat kuantitatif. Secara teknis, analitik adalah praktik menganalisis informasi untuk membuat suatu keputusan. Analis dapat berinteraksi dengan data pada tingkat database atau tingkat laporan yang dirangkum.

    Selanjutnya, analis akan melibatkan ilmu statistika, optimasi, dan penalaran matematis. Tak heran, seorang data scientist harus menguasai Statistics for Data Science, Bayesian Decision Theory, Predictive Analytics, dan Probabilities and Data.

    Sehingga mereka bisa menganalisis data dengan baik dan benar melalui cara pemrosesan sinyal, model probabilitas, program komputer dan hal yang berkaitan dengan ilmu sains.

    Berminat jadi data scientist?

    Data scientist merupakan salah satu profesi kekinian yang dibutuhkan hampir di semua industri, dan bidang yang memerlukan analisis statistik dengan melibatkan volume data besar. Seperti diulas dalam Harvard Business Review (2012), profesi data scientist adalah salah satu profesi paling hot di abad ke-21 ini. Bahkan, dalam dekade terakhir, permintaan akan profesi ini meningkat 30 kali.

    Di Indonesia sendiri, profesi ini masih belum masif peminatnya, sedangkan permintaannya sudah mulai tinggi.

    Di sisi lain, dari tahun ke tahun, pendidikan tinggi terkait teknologi kerap menjadi pilihan program studi favorit calon mahasiswa. Tak lain karena bidang teknologi adalah area yang dianggap berkembang dengan zaman, selalu ada pembaharuan, sehingga akan tetap relevan jauh di masa depan.

    Tertarik menjadi seorang data scientist? Langkah awal bisa dimulai dengan menuntut ilmu di ITEBA sebagai pendidikan tinggi pilihan untuk melanjutkan studi. Ada 2 fakultas dan 6 program studi yang bisa dipilih, yakni:

    Fakultas Teknologi Industri dengan Program Studi Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa
    Fakultas Teknologi Informasi dengan Progran Studi Sistem Informasi, Teknik Komputer, Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Matematika

    Kunjungi situs ITEBA pada http://www.iteba.ac.id untuk informasi lebih lanjut.

    **red/rls



     
    Berita Lainnya :
  • Jadi Data Scientist Dibutuhkan Lima Keterampilan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    03 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    06 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    07 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved