Sabtu, 23 Oktober 2021
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Ini Alasan Polda Metro Jaya Tahan Habib Rizieq Shihab, Pendukungnya Berurai Air Mata
Minggu, 13-12-2020 - 10:57:12 WIB | Dibaca: 18009
TERKAIT:
 
  • Ini Alasan Polda Metro Jaya Tahan Habib Rizieq Shihab, Pendukungnya Berurai Air Mata
  •  

    Jakarta, Medialaskar.com- Penyidik Subdit 1 Kamneg Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya resmi melakukan penahanan terhadap Habib Rizieq Shihab selama 20 hari kedepan. Pendukung jadi isak tangis.

    Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan, bahwa alasan penahanan merupak objektivitas dan subjektivitas para penyidik. "Alasan penahanan yaitu objektif dan subjektif penyidik. Objektif ancaman (pidana) di atas 5 tahun," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Minggu dini hari (13/12/20).

    Sementara itu alasan subjektif penyidik dikhawatir Habib Rizieq bisa melarikan diri seperti saat ia ke Arab Saudi selama hampir 3,5 tahun usai telah ditetapkan sebagai terangka chat porno. Makanya, agar tersangka itu tidak melarikan diri, tersangka tidak menghilangkan barang bukti, dan yang ketiga tidak mengulangi perbuatannya.

    Dalam pemeriksaan selama 12 jam itu penyidik memberikan 84 pertanyaan. Semua hak-hak tersangka, kata Argo telah dipenuhi penyidik Polda Metro Jaya. "Mulai itu jam 11.30 selesai jam 22.00. Kemudian tersangka kita tahan. Kita lakukan penahanan oleh penyidik mulai tanggal 12 hingga 31 Desember 2020 atau selama 20 hari ke depanya," katanya dilansir merdeka.com.

    Dari hasil gelar perkara yang dilakukan oleh penyidik Subdit 1 Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Habib Rizieq Shihab (HRS) resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan dan penghasutan. Pihaknya penyidik menyangkakan dengan pasal 160 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman 6 tahun penjara dan pasal 216 KUHP.

    Sementara itu, pendukung dari Habib Rizieq yang berada di Polda Metro Jaya menangis, begitu melihat imam besar mereka digelandang masuk dalam mobil tahanan, Minggu (13/12/20) dini hari.

    Hal itu merujuk pada status tersangka yang tersemat pada Rizieq dalam kasus dugaan pelanggaran terhadap protokol kesehatan Sebelumnya, Habib Rizieq telah rampung menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan, Sabtu (12/12/20).

    Tampak keluar dari Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada hari Minggu (13/12/20) yaitu dinihari pukul 00.22 WIB. Habib Rizieq langsung dibawa masuk menuju mobil tahanan. Terpantau, sang pimpinan Front Pembela Islam (FPI) tersebut mendapat pengawalan dari sejumlah aparat kepolisian.

    Tampak juga mengenakan rompi tahan berwarna orange dan dalam kondisi tangan terborgol. Sejumlah pendukung Habib Rizieq yang menunggu di lokasi tampak menangis karena sang imam besar yang dibawa oleh mobil tahanan. "Takbir! Habib. Habib," isak mereka.

    Dalam kasus ini, Rizieq dijerat Pasal 160 dan 216 KUHP. Pasal 160 KUHP berisi tentang Penghasutan untuk Melakukan Kekerasan dan Tidak Menuruti Ketentuan Undang-undang, dengan ancaman enam tahun penjara atau denda Rp 4.500.

    Sedangkan, Pasal 216 ayat 1 KUHP tentang Menghalang-halangi Ketentuan Undang-undang. Ancamannya, pidana penjara empat bulan dua minggu atau denda Rp 9.000.

    Sementara lima tersangka lainnya dikenakan Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Ancamannya, kurungan satu tahun atau denda Rp 100 juta.

    Mereka adalah Ketua Umum DPP FPI Sobri Lubis, Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi, dan Haris Ubaidillah selaku Ketua Panitia Acara. Selanjutnya, Ali Bin Alwi Alatas selalu Sekretaris Acara dan Habib Idrus selaku Kepala Seksi Acara.

    **



     
    Berita Lainnya :
  • Ini Alasan Polda Metro Jaya Tahan Habib Rizieq Shihab, Pendukungnya Berurai Air Mata
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Borneo Water Park Kampar; Objek Wisata Air dengan Aneka Fantasi
    03 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    04 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    05 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    06 Program Pembinaan Karang Taruna, Wadah Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas
    07 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved