Rabu, 27 Januari 2021
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Polda Riau Amankan Puluhan Ribu Kubik Kayu dan Alat Sawmill di Kawasan Rimbang Baling
Jumat, 27-11-2020 - 13:31:12 WIB | Dibaca: 3424

TERKAIT:
 
  • Polda Riau Amankan Puluhan Ribu Kubik Kayu dan Alat Sawmill di Kawasan Rimbang Baling
  •  

    Pekanbaru, Medialaskar.com- Operasi gabungan antara Polda Riau dan Gakum KLHK, mengamankan puluhan peralatan pengolahan kayu (sawmill) ilegal, dari kawasan hutan Suaka Margasatwa Rimbang Baling, diamankan.

    Operasi ini diawali dengan ada laporan masyarakat yang resah dengan aktifitas illegal logging, yang terus-menerus menjarah kawasan SM Rimbang Baling dan adanya puluhan sawmill ilegal yang mengolah kayu alam dari kawasan hutan.

    Selanjutnya Tim Terpadu Polda Riau dan Ditjen Gakkum LHK melakukan pemetaan untuk mengidentifikasi pelaku, modus dari hulu ke hilir, dan potensi konflik mengingat selama ini ada resistensi dari pelaku atau pemodal dengan pengerahan massa.

    Operasi gabungan itu dilakukan mulai dari tanggal 18-22 November 2020, dengan mengerahkan sebanyak 456 personil dari Polda Riau dan Ditjen Gakkum LHK.

    Disana petugas gabungan mulai melakukan operasi dengan bergerak dari hilir yakni sawmill penampung kayu ilegal di Desa Teratak Buluh, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

    Dari lokasi itu, petugas menemukan sebanyak 404 batang kayu log bulat, lalu 2.559 keping kayu olahan, 2 unit truk colt diesel, 12 mesin bandsaw, 7 mesin diesel penggerak, 25 bilah mata gergaji bandsaw, dan 2 buku catatan.

    Kemudian petugas gabungan terus bergerak ke tempat pengumpulan dan pemuatan kayu di aliran Sungai Subayang dan Dermaga Kayu Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.

    Di lokasi kedua ada sebanyak 260 batang kayu log bulat, 1 tali pengikat rakit, yang diamankan petugas gabungan. Jadi setelah ditotal barang bukti kayu log bulat yang diamankan dari dua lokasi itu ada sebanyak 664 batang kayu log bulat.

    Dari sana, petugas terus bergerak menyusuri hutan, sampai ke lokasi tebangan di dalam kawasan Suaka Margasatwa Rimbang Baling.

    Setelah menemukan sejumlah barang bukti, kemudian petugas gabungan kembali dan membawa barang bukti ke Kantor Seksi Wilayah II Balai Gakkum LHK Sumatera, untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut oleh PPNS Gakkum LHK dan Penyidik Polda Riau.

    Sawmill itu diduga telah beroperasi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Mulai menjarah kawasan konservasi SM Rimbang Baling.

    "Polri hadir untuk menyatakan bahwa negara mengambil langkah kontrik untuk menyelesaikan masalah yang ada di Rimbang Baling. Permasalahannya, Rimbang Baling adalah rimba yang terkikis oleh para pelaku kejahatan Illegal logging. Kita perlu selamatkan Rimbang Baling, kami hadir dengan LHK untuk menyelamatkan Rimbang Baling. Kita ingin cucu kita bisa melihat alam Rimbang Baling," ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy, saat ekspos di Kantor Gakum LHK, Kamis (26/11/20) dilanair GoRiau.com.

    Agung memaparkan, 49 ribu kubik, bukanlah ukuran yang kecil, apabila setiap tahun diambil. "Saya melihat Rimbang Baling adalah suatu yang menarik. Saya melihat ada hal yang perlu kita antisipasi. Saya mendengarkan bagaimana masyarkaat Rimba Baling merasakan kegalauan karena hutan dikikis oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab. Ada 3 kelompok yang perlu di tangani. Orang yang ada didalam kawasan penebangan kayu, orang yang mengelola, mempekerjakan, dan orang yang menerima kayu yang sudah diolah," tutupnya.

    **



     
    Berita Lainnya :
  • Polda Riau Amankan Puluhan Ribu Kubik Kayu dan Alat Sawmill di Kawasan Rimbang Baling
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    03 Borneo Water Park Kampar; Objek Wisata Air dengan Aneka Fantasi
    04 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    05 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    06 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    07 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved