Rabu, 18 09 2019
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Trotoar Menuju Kantor Walikota Pekanbaru Di Tenayan Ini Hancur !!! Penegak Hukum Diminta Bersikap
Jumat, 06-09-2019 - 11:03:34 WIB | Dibaca: 1260

TERKAIT:
 
  • Trotoar Menuju Kantor Walikota Pekanbaru Di Tenayan Ini Hancur !!! Penegak Hukum Diminta Bersikap
  •  

    Pekanbaru,Medialaskar.com- Trotoar atau sarana untuk pejalan kaki menuju Kantor Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya, saat ini mengundang pertanyaan sejumlah pihak,
    Pasalnya, dari keadaan yang terlihat secara kasat mata itu membuat kesanya pekerjaan dilakukan asal-asalan. Manakala bangunan trotoar yang diperkirakan menelan anggaran miliaran tahun 2018 itu ternyata sudah rusak secara massif. 

    Informasi tentang keberadaanya bangunan trotoar telah mengalami kehancuran secara massif itu diterima oleh awak media ini dari seorang warga yang melintas dari jalan itu menuju seputar lingkungan Kantor Walikota yang baru di Tenayan Raya.

    Akhirnya tim dari media ini pun turun untuk melakukan kegiatan jurnalistik di sejumlah titik hasil pembangunan yang menggunakan dana APBD Pemko Pekanbaru tahun 2018. Dimana dengan ini menemukan kerusakan parah pada sejumlah titik bangunan trotoar sepanjang jalan aspal menuju kantor Walikota Pekanbaru. 

    Atas kenyataan tersebut,  awak media inipun mencoba konfirmasika pada Kepala Dinas PUPR Pemko Pekanbaru Indrapomi. Namun dengan imbauan agar awak media tanyakan langsung kepada PPK kegiatan tersebut atau Kepala Bidang Bina Marga PUPR Pemko Pekanbaru, Akmal dengan maksud untuk memperoleh informasi resmi dan akurat terkait dengan dugaan kegagalan bangunan  itu. 

    "Silakan ktemu dengan kabid saya di kantor,  untuk lebih jelasnya, supaya informasi dapat diperoleh secara lengkap," kata Indra melalui seluler, kemarin dilansir aktualonline.com
     
    Mengetahui keadaan tersebut, Ketua LSM Penjara,  Dwiki Zulkarnaen angkat bicara dengan mengatakan bahwa pada prinsipnya bangunan  atau hasil kerja rekanan memakai atau menggunakan anggaran negara harus bertanggung jawab penuh pada hasil kerja itu hingga 10 tahun. Apalagi pembangunan trotoar jalan yang menuju Kantor Walikota Pekanbaru masih tergolong sangat baru.

    Maka disini, sebut Dwiki ada diduga terjadi kegagalan bangunan sebagaimana diatur didalam UUJK Nomor 18 tahun 1999 Bab VI pasal 25 ayat ( 2) dengan menyebut bahwa keadaan bangunan yang sejak serah terima barang kepada pengguna menjadi tanggung jawab rekanan hingga 10 tahun. 

    "Itu harus menjadi tanggung jawab penyedia jasa atau rekanan yang melaksanakan,  PPK harus bertangung jawab itu memerintahkan rekanan guna memperbaiki apa yang rusak, karena itu sudah tidak wajar, dan kemungkinan besar terjadi kegagalan bangunan yang dapat  diancam hukuman  pidana selama 5 tahun penjara dan denda 10% bagi perencana," kata Dwiki.

    Menurutnya, aparat penegak hukum harus peka terhadap keadaan terjadi pada setiap hasil pembangunan yang dilakukan pihak pelaksana proyek maupun oleh PPK selaku yang aktif melakukan pengawasan. Karena ditambahkannya,  tujuan pembangunan yang menggunakan uang rakyat harus bisa tepat sasaran, efisien, transparan, akuntabel, serta dapat dimanfaatkan kepentingannya orang banyak. 


    **red/rul



     
    Berita Lainnya :
  • Trotoar Menuju Kantor Walikota Pekanbaru Di Tenayan Ini Hancur !!! Penegak Hukum Diminta Bersikap
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    03 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Peredaran Rokok Ilegal Tanpa Cukai di Tanjungpinang Kian Marak, Warga: Merugikan Keuangan Negara
    06 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
    07 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Aparat Terkait Tutup Mata?
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved