Selasa, 19 Maret 2019
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Terkait Pencemaran Nama Baik, Wartawan Novrizon Burman Layangkan Somasi ke SKK Migas Sumbagut
Rabu, 20-02-2019 - 14:56:26 WIB | Dibaca: 1866
Novrizon bersama kuasa hukumnya
TERKAIT:
 
  • Terkait Pencemaran Nama Baik, Wartawan Novrizon Burman Layangkan Somasi ke SKK Migas Sumbagut
  •  

    Pekanbaru, Medialaskar.com - Tidak terima ada dugaan pencemaran nama baik, disikapi wartawan Novrizon Burman layangkan surat somasi pada Kepala SKK Migas Sumbagut Hanif Rusjdi. Surat dilayangkanya tanggal 19 Februari 2019.

    Kuasa Hukum Novrizon Burman, Aspandiar mengatakan somasi pencemaran nama baik tersebut merupakan buntut dari pernyataan Kepala SKK Migas Sumbagut, Hanif Rusjdi dinilai berisi fitnah dimoment berjalannya persidangan perkara sengketa informasi antara Novrizon Burman sebagai pelapor dan SKK Migas Sumbagut sebagai terlapor di KIP Riau beberapa waktu lalu. Pernyataan tersebut terpapar di beberapa media di Riau.

    "Ada enam hal yang kita bubuhkan dalam surat somasi tersebut. Tentu kita ingin yang bersangkutan klarifikasi dan meminta maaf kepada klien kita," ujar pengacara yang berkantor di Jalan Mahoni No. 155/A Komp. Beringin Indah, Marpoyan Damai, Pekanbaru tersebut. 

    Dalam rilis dirincinya, point pertama dalam surat tersebut yakni bahwa Novrizon Burman sangat keberatan dengan pernyataan Kepala SKK Migas Sumbagut dalam menyikapi surat permohonan permintaan informasi publik yang disampaikan pada 16 Juli 2018 dan 1 Agustus 2018. Dimana pada sejumlah media kepala SKK Migas Sumbagut melalui Manager Senior Humas SKK Migas Sumbagut Evy Yanty menyatakan bahwa Novrizon telah menyurati dengan ancaman. Bahkan tidak dapat bekerja dengan nyaman, ingin ke kantor dan pulangnya juga was-was sebagaimana diberitakan salah satu media. 

    Kemudian kedua, Novrizon menyayangkan atas sikap pernyataan Hanif yang tidak mengetahui dan tidak mengenal orang yang meminta data informasi publik, sebagaimana mengacu pada UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang menjelaskan bahwa setiap Badan Publik berkewajiban untuk transparan dalam penyelenggaraan keuangan dan pengambilan keputusan, sebagaimana diajukan klien kami dalam surat pertama dan kedua. 

    Disamping itu semua, pernyataan-pernyataan Hanif Rusjdi selaku Kepala SKK Migas Sumbagut dinilai Novrizon sebagai serangkaian fitnah karena pihaknya tidak pernah melakukan ancaman kepada yang bersangkutan seperti yang diberitakan beberapa media yang menulis bahwa yang bersangkutan tidak bisa bekerja dengan nyaman dan menimbulkan rasa ketakutan untuk pergi dan pulang dari kantor. 

    "Di point ke empat, kita terangkan bahwa pernyataan Kepala SKK Migas Sumbagut ini fitnah dan memberikan gambaran yang buruk, seolah-olah klien kami penjahat besar, padahal apa yang dilakukan klien kami tersebut masih dalam batas-batas premis hukum yang diperbolehkan sebagaimana diatur dalam UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," bebernya. 

    Sementara, dipoint kelima dalam surat somasi tersebut, Novrizon menilai alasan Hanif yang mengaku tidak mengatahui dan mengenal dirinya bahkan hingga mengalami tekanan psikologis akibat permohonan informasi sebelumnya adalah alasan tidak dapat dibenarkan secara hukum, dan bukan alasan sebagai seorang pimpinan yang profesional. 

    "Dalam pengertian beliau sesungguhnya telah melakukan fitnah dan menghina klien kami, seolah-olah klien kami merupakan sosok yang tidak jelas keberadaannya, baik secara kehidupan sosial maupun secara peradaban budaya hukum. Artinya, sikapnya telah membuktikan rasa perbedaan antar sesama manusia dan warga negara yang hidup dalam suatu wilayah satu kesatuan," terangnya. 

    Sedangkan point terakhir, Novrizon jelaskan bahwa apa yang lakukan yakni permohonan Informasi yang berbuntut hingga ke ranah persidangan di KIP Riau dan dimenangkan oleh Novrizon masih dalam koridor hukum sesuai dengan Pasal 1 Ayat (12) dan Pasal 4 (Ayat 1, 2, 3, dan 4), UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

    "Kita hanya ingin, yang bersangkutan klarifikasi sesegera mungkin. Namun, jika memang tidak ada tanggapan maka persoalan hukum ini akan kita upayakan melalui laporan Pidana dan atau Gugatan Perdata," pungkasnya.**red/rul/rls



     
    Berita Lainnya :
  • Terkait Pencemaran Nama Baik, Wartawan Novrizon Burman Layangkan Somasi ke SKK Migas Sumbagut
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    02 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    03 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
    04 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    05 Rokok Tanpa Cukai Beredar Bebas di Luar Kawasan FTZ
    06 Rokok Berbagai Merek Tanpa Label Resmi Beredar di Kota Tanjungpinang
    07 Tanpa Pengawasan, Puluhan Kardus Rokok Diduga Ilegal Dibongkar di Jalan Coastal Area
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved