Selasa, 26 Januari 2021
Galeri Foto | Advertorial
Follow Us ON :
 
   
Pilihan Editor ⋅ Foto ⋅ Most Popular
 
Penyakit Ini Tingkatkan Risiko Kematian Pasien Covid-19
Rabu, 16-12-2020 - 11:31:12 WIB | Dibaca: 2777
TERKAIT:
 
  • Penyakit Ini Tingkatkan Risiko Kematian Pasien Covid-19
  •  

    Jakarta, Medialaskar.com- Kematian akibat Covid-19 berkaitan erat dengan faktor usia dan komorbid (penyakit penyerta) yang diderita pasien.

    Demikian menurut hasil riset yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional PLOS One, yang disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (15/12/20).

    Dituturkan Wiku, hasil analisis tim pakar selama lima bulan terakhir, berdasarkan aspek usia, pasien yang berada di usia 31-45 tahun punya tingkat risiko 2,4 kali terhadap kematian. Sementara rentang usia 46-59 tahun, memiliki risiko 8,5 kali terhadap kematian. 

    'Risiko ini akan semakin meningkat pada usia lanjut, di atas 60 tahun yaitu sebesar 19,5 kali lipat,' ujar Wiku dalam keterangan pers di kantor presiden, seperti dikutip dari Republika.co.id. 

    Penelitian yang lebih rinci mengenai jenis komorbid atau penyakit penyerta pasien menunjukkan, penyakit ginjal memiliki risiko kematian 13,7 kali lebih besar dibandingkan pasien yang tidak memiliki penyakit ginjal. Pada komorbid penyakit jantung, risiko kematian mencapai 9 kali lebih besar dibandingkan yang tidak memiliki penyakit jantung. 

    Penyakit diabetes mellitus memiliki risiko kematian 8,3 kali lebih besar, hipertensi 6 kali lebih besar, dan penyakit autoimun memiliki risiko 6 kali lebih besar dibandingkan yang tidak memilikinya. 'Semakin banyak riwayat komorbid, mereka yang memiliki penyakit komorbid lebih dari satu, berisiko 6,5 kali lipat lebih tinggi untuk meninggal saat terinfeksi Covid-19,' kata Wiku. 

    Sementara itu, pasien yang memiliki dua penyakit komorbid berisiko 15 kali lipat lebih tinggi untuk meninggal saat terinfeksi Covid-19 dibandingkan yang tidak memiliki kondisi komorbid. Kemudian pasien yang memiliki lebih atau sama dengan tiga penyakit komorbid berisiko 29 kali lipat lebih tinggi meninggal saat terinfeksi Covid-19. 

    'Meskipun kita tahu penularan Covid-19 tidak mengenal batasan, temuan ini menunjukkan secara detail golongan mana saja yang perlu mendapat perhatian lebih dan diprioritaskan perlindungannya,' ujar Wiku. 

    Wiku mengingatkan masyarakat yang masuk dalam kategori berisiko tinggi atau tinggal dengan anggota keluarga berisiko tinggi, agar menjalankan protokol kesehatan dengan ekstra disiplin. 

    'Sedangkan bagi masyarakat yang tidak masuk dalam golongan tersebut, sebagai makhluk sosial sudah pasti akan berinteraksi dengan golongan tersebut,' katanya.

    **



     
    Berita Lainnya :
  • Penyakit Ini Tingkatkan Risiko Kematian Pasien Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Terpopuler +
    01 Agar Anda Tahu, Apa Itu Reses Anggota Dewan?
    02 Syahril Topan Maju Pilkada Rekomen PPP, Sekretaris DPD PAN Rohul Bantah ada Perpecahan
    03 Borneo Water Park Kampar; Objek Wisata Air dengan Aneka Fantasi
    04 Terkesan Sepihak, Perusahaan Angkutan Ferry Naikkan Harga Tiket Hingga 80 Persen
    05 Lanal Tanjungbalai Karimun Musnahkan Hasil Tangkapan Mikol dan Rokok Ilegal
    06 Peredaran Rokok Ilegal di Kota Tanjungpinang Kian Marak, Bea Cukai Tak Berkutik?
    07 Rokok “Kawasan Bebas” Marak Beredar di Karimun
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017 MediaLaskar.com | Gerbang Informasi Anak Negeri, all rights reserved